Mengenal Neurological Disease yang Diidap Vokalis Clean Bandit

Grace Chatto, vokalis Clean Bandit
Sumber :
  • Instagram/@Grace Chatto

VIVA – Vokalis Clean Bandit, Grace Chatto harus absen saat tampil di Indonesia. Penyakit neurological disorder yang diidapnya membuat Grace harus 'menghilang' dalam beberapa panggung di I Miss You Tour 2018.

Belum Lama Melahirkan, Mytha Lestari Langsung Nonton Clean Bandit

"Dia menderita sejak delapan tahun yang lalu. Setelah tampil di Jepang, Grace harus pulang untuk pengobatan khusus," ujar violin Clean Bandit, Jack Patterson, saat tampil di Indonesia.

Lantas, apa itu penyakit neurological disorder yang diderita sang vokalis itu?

Bawakan 15 Lagu, Clean Bandit Sukses Hibur Penggemarnya di Indonesia

Dikutip dari situs World Health Organization (WHO), penyakit tersebut menyerang sistem saraf di area pusat dan peripheral. Dengan kata lain, ini menyerang otak, sumsum tulang belakang, saraf kranial, saraf perifer, akar saraf, sistem saraf otonom, sambungan neuromuskular, dan otot.

Jenis penyakit ini antara lain epilepsi, penyakit alzheimer dan demensia, penyakit serebrovaskular termasuk stroke, migrain, dan gangguan sakit kepala. Bahkan, ini bisa memicu tumor otak yang berdampak pada tubuh yang malnutrisi atau kekurangan nutrisi hingga perasaan depresi pada penderitanya.

Konser di Jakarta, Clean Bandit Persembahkan Lagu untuk Sang Vokalis

Beberapa bakteri dan virus dapat menjadi penyebab penyakit neurological disease ini seperti bakteri tbc dan meningitis, virus HIV, serta jamur dan parasit. Karenanya, tercatat ratusan juta orang di dunia mengidap penyakit ini.

"Lebih dari 6 juta orang meninggal akibat stroke tiap tahunnya. Lebih dari 50 juta orang juga alami epilepsi di seluruh dunia," tulis WHO dalam situsnya, dikutip Selasa 21 Agustus 2018.

Diperkirakan juga secara global, 47,5 juta orang menderita demensia dengan 7,7 juta kasus baru tiap tahunnya. Di mana, kasus demensia paling sering terjadi yaitu alzheimer dengan kontribusi sebesar 70 persen kasus tiap tahunnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya