Studi: Tiga Batang Cokelat Per Bulan Bisa Hindari Risiko Gagal Jantung

Studi: Tiga Batang Cokelat Per Bulan Bisa Hindari Risiko Gagal Jantung

Rabu, 29 Agustus 2018 | 13:29 WIB
Penelitian tersebut libatkan kurang lebih 500 ribu responden.
Ilustrasi makan cokelat.
Photo :
  • REUTERS/Darren Staples

Ilustrasi makan cokelat.

VIVA – Penelitian tentang manfaat baik dan buruk konsumsi cokelat hingga kini masih jadi perdebatan. Di sisi lain, banyak yang percaya bahwa kunci selalu sehat adalah  menghilangkan semua bentuk camilan manis dari makanan mereka.

Baru-baru ini para ilmuwan kembali mengklaim bahwa makan tiga batang cokelat gelap setiap bulan dapat secara drastis mengurangi risiko gagal jantung. Peneliti yang dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology di Munich tersebut melibatkan kurang lebih 500 ribu responden usia dewasa untuk menentukan bagaimana konsumsi cokelat berdampak pada kesehatan jantung.

Hasilnya, konsumsi tiga batang cokelat per bulan dapat mengurangi risiko gagal jantung hingga 23 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi cokelat sama sekali.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi cokelat juga menimbulkan dampak negatif, salah satunya menyebabkan 17 persen responden justru mengalami peningkatan risiko gagal jantung, itulah pentingnya takaran tepat konsumsi cokelat yang dimaksud.

Berita Terkait :
Saksikan Juga