Tak Selalu Picu Kolesterol, Santan Juga Menyehatkan

ilustrasi santan.
Sumber :
  • Pixabay/Liza redfern

VIVA – Santan, yang merupakan hasil ekstraksi dari daging kelapa parut ini sudah menjadi bahan makanan yang umum di Indonesia. Tapi, banyak yang berasumsi jika santan punya efek yang buruk pada kesehatan, seperti kolesterol dan gangguan jantung.

Ini Bahan Pengganti Santan dalam Memasak, Cocok untuk Masak Menu Berbuka

Padahal, dari zaman dahulu, manfaat kesehatan dari santan kelapa ini banyak dibahas.

Selain itu, kini juga sudah banyak muncul  santan instan yang tak lain untuk memenuhi preferensi pasar yang menyukai produk siap guna. Namun, banyak masyarakat tidak ingin mengonsumsi santan karena banyak menimbulkan masalah kesehatan.

Dituding Kerap Picu Kolesterol, Ini Cara Mengolah Santan agar Tak Jadi Biang Penyakit

Menggunakan santan instan juga menimbulkan kekhawatiran bisa berdampak buruk karena adanya zat pengawet. Benarkah santan lebih banyak buruknya daripada manfaatnya?

Mari tahu lebih lanjut seputar mitos dan fakta santan? Dr Verawati Sudarma, SpGK akan mengupas tuntas topik ini dalam acara Ayo Hidup Sehat tvOne yang dipandu dr Haekal Anshari, M.Biomed (AAM) dan Dita Fakhrana, tayang hari Selasa, 25 September 2018, pukul 13.00-14.00 WIB.

Kerap Dituding Sumber Kolesterol, Ternyata Ini Manfaat Dahsyat Mengolah Santan

Saksikan Ayo Hidup Sehat di sini.

(je)

Santan kelapa.

Biar Rendang, Opor dan Sayur Ketupatnya Gak Basi, Perhatikan Cara Pengolahan Santannya

Seperti diketahui, makanan dengan santan yang pecah akan lebih cepat basi. Oleh karenanya perlu teknik yang tepat untuk mengatasi itu.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024