Khasiat Tersembunyi Buah Keci, Ampuh Jaga Imunitas Tubuh – VIVA

viva.co.id

Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

Kamis, 11 Oktober 2018 | 18:58 WIB

Khasiat Tersembunyi Buah Keci, Ampuh Jaga Imunitas Tubuh

img_title
Photo :
  • Pixabay/Pexel

Buah keci atau wolfberry

VIVA – Buah keci atau Wolfberry merupakan salah satu jenis buah yang sering dipakai untuk menambah rasa di dalam makanan. Namun, siapa sangka khasiat wolfberry begitu baik bagi kesehatan tubuh.

Buah yang berasal dari dataran China ini masih satu keluarga dengan goji berry. Memiliki warna merah yang khas, buah ini juga kerap digunakan sebagai bumbu masakan China.

Masyarakat, khususnya masyarakat Tionghoa percaya bahwa wolfberry memiliki khasiat bagi kesehatan. Salah satunya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan trombosit dalam darah.

"Kadar trombosit darah meningkat, ini baik untuk menjaga kesehatan tubuh," ujar Asisten Chinese Chef Tien Chao, Suyanto, kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Trombosit berperan dalam pembekuan darah, sehingga saat tubuh terluka, maka luka akan cepat menutup. Jika kadar trombosit terlalu rendah, tubuh bisa alami perdarahan berlebihan.

Adapun olahan dari wolfberry sendiri sangat beragam dan bisa divariasikan menjadi hidangan dalam makanan maupun minuman. Contohnya saja sajian dumpling soup dari restoran Tien Chao yang kuahnya sangat segar dengan tambahan wolfberry.

"Wolfberry direbus sampai mendidih. Bisa juga dengan disteam 1,5 jam, ini lebih bagus. Atau bisa direbus dan dijadikan teh, nanti warnanya merah seperti teh pada umumnya, dan rasanya manis asam," kata dia.

Suyanto menyarankan, konsumsi hidangan yang mengandung wolfberry ini disajikan dua kali dalam sehari untuk menambah kadar trombosit. Saran penyajiannya, lanjut dia, sebelum direbus, bisa direndam di dalam air dingin selama satu menit.

"Wolfbery ini biasa dijual dalam bentuk kering. Jadi, rendam dulu 1 menit di air dingin biar mekar lalu bisa lanjut direbus atau steam."

    Muat Lainnya...