4 Kiat Mudah Dapatkan Tubuh Ideal dari Ahli Gizi

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Tubuh ideal selalu menjadi dambaan semua orang, baik pria maupun wanita. Namun, banyak yang mengira bahwa membentuk tubuh ideal membutuhkan cara yang rumit.

Cegah Diabetes Tipe 2, Pakar Sebut Pantang Makan Ini

Padahal, menurut nutrisionis muda, Alvin Hartanto, membentuk tubuh ideal tak memerlukan cara rumit selama seseorang tersebut berkomitmen untuk memenuhi gizi seimbang dan menjaga kesehatan fisik. Berikut kiat-kiat membentuk tubuh ideal dan bugar berdasarkan paparan Alvin, beberapa waktu lalu.

1. Asupan gizi berbeda

Ternyata, Kekurangan Asupan Protein Hewani Banyak Berdampak Buruk

"Setiap orang membutuhkan jumlah dan takaran asupan gizi yang berbeda. Ada tiga faktor yang perlu dipahami," ujar Alvin.

Tiga faktor utama yang perIu diperhatikan untuk pemenuhan gizi seimbang, yakni mengenali kondisi tubuh, memahami kandungan gizi dari asupan makanan dan rutin berolahraga.

Cara Ini Bisa Ditempuh untuk Meraih Bentuk dan Berat Badan Ideal

Ilustrasi makan sayur.

2. Pantau asupan makanan

Layaknya sebuah bisnis, untuk menjalani hidup sehat, diperlukan perencanaan dan penetapan strategi yang tepat. Selain itu, dibutuhkan disiplin dan komitmen untuk menjalani hidup lebih sehat, dimulai dengan pemahaman gizi yang baik.

Dengan berbagai kemajuan teknologi dan pengetahuan, masyarakat era milenial khususnya generasi muda, tentu akan lebih mudah dalam menerapkan gaya hidup sehat melalui pola gizi seimbang.

"Contohnya saja, saat ini banyak aplikasi yang memberikan kemudahan pada kita untuk menghitung jumlah kalori pada makanan serta mengukur kalori yang terbakar dalam tubuh berdasarkan aktivitas fisik yang dilakukan," ucap dia.

3. Porsi kalori tepat

Jam makan tidak masalah, yang perlu diperhatikan adalah jumlah kalori ke dalam tubuh. Porsi paling tepat, yaitu 80 persen kebutuhan kalori natural bergizi dan 20 persen makan tidak jelas.

"Misal 20 persen seperti pisang goreng dan donat. Nah, pastikan 80 persennya yang masuk ke tubuh, kalori yang bergizi mulai dari sarapan sampai makan malam seperti roti gandum, olahan protein yang tidak banyak digoreng serta perbanyak sayur buah," tuturnya.

Sarapan pagi oats atau gandum

4. Hindari tepung

Asupan makanan yang mengandung tepung sebaiknya dihindari karena mengandung kalori yang tinggi. Apalagi jika tepung diolah dengan cara digoreng dengan minyak yang banyak.

"Satu gram lemak itu 9 kalori. Coba saja hitung kalau minyaknya banyak ditambah ada tepungnya," kata dia.

Namun tak semua tepung buruk untuk tubuh. Anda bisa memilih jenis tepung gandum yang kalorinya tepat dan memberi efek kenyang lebih lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya