Masih Banyak Orang yang Belum Sadar Terkena Diabetes

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Diabetes miletus merupakan penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang diproduksi secara efektif. Insulin sendiri merupakan hormon yang mengatur keseimbangan kadar gula darah.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Penyakit ini pun disebut-sebut sebagai silent killer lantaran satu dari dua orang yang menyandang diabetes. Tidak terdiagnosis dan tidak menyadari apabila mereka terkena diabetes.

Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD-KEMD, FACE menyebut bahwa setengah dari empat juta orang yang meninggal akibat diabetes berusia di bawah 60 tahun akibat terlambat menyadari dirinya terkena diabetes.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

"2/3 orang di Indonesia enggak tahu kalau mereka kena diabetes," kata dia dalam media briefing di Tuang Coffee Kebayoran Jakarta Selatan, Selasa, 13 November 2018.

Dia melanjutkan bahwa kondisi ini sangat mengkhawatirkan, mengingat penderita diabetes khususnya di Indonesia meningkat. Dari 6,9 persen menjadi 10,9 persen, data ini berdasarkan Riskesdas di tahun 2013 dengan Riskesdas 2018. 

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Melihat tingginya prevalensi tersebut, dirinya pun meminta agar masyarakat untuk sadar dengan penyakit ini. Mengingat jika terlambat pendeteksiannya akan berakibat sebabkan cacat serius atau kematian.

"Gejalanya itu, banyak makan, banyak minum, banyak kencing. Kalau sudah ada gejala ini, berarti ini adalah gejala lanjut. Jangan tunggu gejala, kalau sudah ada riwayat keluarga gula harus diwaspadai karena penyakit ini merupakan bawaan gen," kata dia.

Dia melanjutkan jika memang ada keluarga dengan riwayat gula, masyarakat diminta untuk mengubah pola gaya hidup sehatnya. Dengan mengatur pola makan, jumlah makanan yang dikonsumsi hingga melakukan aktivitas fisik.

"Kalau kena diabetes harus atur pola makan. Orang diabetes boleh makan apa saja tapi harus terkontrol jumlahnya dan harus sesuai jam makannya jangan tunggu lapar karena biar enggak double porsinya sehingga gula darahnya tinggi," kata dia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya