Menguak Manfaat Srikaya, Cegah Penuaan hingga Kanker

Buah srikaya
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Srikaya mengandung antioksidan dan vitamin C, yang bisa membantu menyingkirkan radikal bebas dari tubuh. Karenanya buah srikaya diyakini sangat bagus untuk kesehatan jantung, kulit, rambut, menjaga tekanan darah normal dan kesehatan tulang.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Bahkan, tak sedikit yang menganggap buah srikaya ampuh untuk mencegah kanker. Untuk mengetahui khasiat buah srikaya, berikut mitos dan fakta yang wajib Anda tahu berdasarkan paparan spesialis gizi klinik, dr Marya W Haryono MGizi, SpGK dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin, 10 Desember 2018.

1. Ampuh mencegah penuaan

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Faktanya, kandungan vitamin C dan A sangat tinggi dalam buah srikaya. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan sehingga bermanfaat untuk mencegah kerutan.

Sementara, vitamin A berfungsi untuk regenerasi sel termasuk kulit, yang ampuh mencegah penuaan. Selain itu, bisa menjaga kesehatan pada mata, dan mampu meregenerasi sel pada saraf mata.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

2. Tingkatkan fungsi pencernaan

Ilustrasi sistem pencernaan

Buah srikaya sangat tinggi akan serat, yakni 15 gram serat. Sementara kebutuhan serat tubuh per hari sebesar 30 gram. Serat tersebut dapat membantu memperlancar proses pencernaan tubuh.

3. Sembuhkan rematik

Adanya antioksidan, mineral, dan vitamin B dapat membantu meredakan proses peradangan pada rematik. Namun, sifatnya hanya membantu mengurangi gejala rematik, bukan menyembuhkan.

4. Cegah kanker

Tingginya kadar antioksidan pada buah srikaya membuat pencegahan kanker bisa dilakukan. Sebab antioksidan mampu menangkal radikal bebas pemicu kanker.

5. Obati anemia

Buah srikaya mengandung vitamin B, asam folat, dan zat besi untuk membentuk sel darah merah, sehingga buah srikaya hanya membantu mencegah anemia yang diakibatkan kekurangan sel darah merah, tapi bukan mengobatinya.

6. Tingkatkan kekebalan tubuh

Di saat musim hujan, tubuh rentan terserang flu. Untuk mencegahnya dibutuhkan konsumsi vitamin C, yang bisa didapatkan dari buah srikaya. Dengan konsumsi dua buah srikaya dalam sehari, sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C demi kekebalan tubuh. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya