5 Makanan Ampuh Hangatkan Tubuh di Musim Hujan

Ilustrasi Jahe
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Musim hujan telah tiba, membuat cuaca dan suhu terasa lebih dingin dari biasanya. Kenaikan suhu ini tentunya membuat tubuh menginginkan asupan yang dapat menghangatkan.

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

Untuk itu, asupan makanan sehat tetap dibutuhkan. Menurut ahli gizi Pavithra N Raj, tubuh membutuhkan asupan diet yang tepat agar bisa membuat tubuh tetap hangat namun juga menjaga berat badan ideal. Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan selama musim hujan, dikutip dari laman The Health Site.

1. Kunyit

Mengenal Apa Itu Leptospirosis, Penyakit yang Harus di Waspadai Ketika Musim Hujan

Sejumput kunyit bubuk yang direbus dengan susu, tak hanya memberi rasa hangat namun juga menurunkan risiko peradangan. Sehingga, bahan rempah ini sangat pas untuk menjaga kesehatan serta hangatkan tubuh di musim hujan.

2. Madu

Viral Video Kamar Hotel Bocor Sampai Banjir, Netizen: Lumayan Dapet Warteboom

Hanya sedikit saja jumlah madu yang dikonsumsi, dapat membangun sistem imun menjadi lebih baik. Hal ini sangat baik mencegah tubuh dari batuk maupun flu di musim dingin.

3. Jahe

Kandungan antioksidannya membantu imunitas tubuh semakin kebal. Jika dikonsumsi rutin dalam jumlah sedikit, tak hanya membuat tubuh hangat tapi juga ampuh turunkan demam serta flu dan batuk.

4. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang paling mudah dibuat serta memiliki kandungan yang sangat bermanfaat. Tak hanya mengandung protein, telur juga memiliki vitamin yang bisa melawan infeksi pada tubuh.

5. Bawang putih

Bahan rempah ini tak hanya mampu mengontrol tekanan darah dan peredaran darah, tapi juga membuat tubuh lebih hangat. Bumbu masakan ini juga bisa memberi energi lebih pada tubuh dengan kandungan anti peradangan. (ben)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya