Tips Mengenali Kikil Berformalin

Kikil mengandung zat berbahaya.
Sumber :
  • Foto BPOM.

VIVA – Karena rasanya yang lezat, kikil kerap dibuat ke dalam berbagai olahan makanan Bahkan, kikil juga kerap dijual di pedagang kaki lima dengan harga yang murah. 

Awas! Takjil Berbahaya Beredar di Sentra Penjualan, BPOM Temukan Formalin, Rhodamin, dan Boraks

Beberapa pedagang nakal dikabarkan juga kerap menggunakan formalin yang biasa digunakan untuk mengawetkan jenazah. Hal ini tentu saja berbahaya ketika dikonsumsi.

Menurut dokter spesialis gizi, Dr med. dr. Maya Surdjaja, MS, Sp.GK, fakta bahwa ada beberapa oknum pedagang yang menggunakan formalin memang tidak bisa dipungkiri. Ini biasa digunakan agar kikil itu menjadi lebih awet dan juga tahan. 

Waspada! BPOM Temukan Mie Kuning Basah Berformalin di Pasar Depok

"Jadi memang ada yang menambahkan formalin supaya terlihat putih bersih ini yang membuat kita mau makan susah," kata Maya, dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT, tvOne, Rabu 26 Desember 2018. 

Lalu bagaimana cara memilih kikil yang baik dan bebas dari formalin? Ia mengatakan bahwa cara paling utama ialah dengan tempat pembeliannya. Ia menyarankan untuk membeli kikil dari tempat terpercaya. Kemudian, ia menyarankan untuk mengenali juga ciri dari tampilannya.

21 Tahun Tidur dengan Jenazah Sang Istri, Motif Pria Ini Terungkap

"Kalau yang murni ini enggak putih banget, dia ada yellowing. Kalau pakai formalin kan buat mengawetkan mayat akibatnya nanti jadi enggak seperti ini. Yang terlihat cantik justru bisa mengandung formalin, dan baunya berbeda," kata Maya. 

Kemudian ia juga merekomendasikan cara memasaknya agar lebih aman. Untuk pengolahannya ia menyarankan untuk dimasak dengan slow cooker

"Lalu juga dicampur dengan rempah-rempah juga agar mengurangi dampak dampak negatifnya. Dan juga mengonsumsi secukupnya," kata dia.(ben)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya