Bahaya Kekerasan Seksual Perempuan Pasca Tsunami

Ilustrasi perempuan.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Counselling

VIVA – Tsunami di Selat Sunda yang menghantam sebagian wilayah Banten dan Lampung, memicu masalah baru yang rentan mengintai masyarakat. Kasus kekerasan seksual pada kaum perempuan berpotensi besar hadir di tengah-tengah pemulihan bencana.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Banyak yang tidak menyadari bahwa kasus kekerasan seksual pada perempuan rentan mengintai usai bencana. Kasus itu terjadi karena kondisi infrastruktur wilayah terdampak bencana yang rusak.

Akibatnya, tenda dan toilet tidak terpisah antara perempuan dan laki-laki, lokasi sumber air bersih yang jauh dari pengungsian, dan tidak tersedianya penerangan yang memadai karena aliran listrik terputus. Serta tidak ada sistem keamanan di pengungsian, seperti ronda malam, seperti dikutip dari siaran pers Kemenkes RI, Kamis, 3 Januari 2019.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Untuk mencegah hal tersebut, perlu koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial untuk menempatkan kelompok rentan di pengungsian. Diupayakan juga MCK (Mandi, Cuci, Kakus) laki-laki dan perempuan disediakan terpisah, namun jika tidak memungkinkan diharapkan adanya kesadaran dari masyarakat untuk saling menjaga.

Selain itu, perlu penerangan yang cukup dan memastikan pintu MCK dapat dikunci dari dalam. Dilakukan juga koordinasi dengan penanggung jawab keamanan untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

Tenaga kesehatan memastikan tersedianya pelayanan medis dan psikososial di pengungsian dan memastikan adanya mekanisme rujukan, perlindungan dan hukum yang terkoordinasi untuk penyintas. (tsy)

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024