Batuk Bisa jadi Tanda Penyakit Serius, Apa Cirinya?

Ilustrasi batuk
Sumber :

VIVA – Batuk adalah respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan. Tak hanya itu, batuk juga mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah. Batuk yang terjadi sesekali itu normal karena dapat membantu menggerakkan dahak yang bertugas menjaga saluran napas tetap lembap.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Namun, ada batuk yang harus Anda waspadai. Ketika batuk terjadi terus-menerus apalagi ditambah gejala lain, seperti demam dan dahak berwarna atau berdarah, dapat menandakan gangguan medis yang lebih serius.

Batuk dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis. Keduanya dikelompokkan berdasarkan durasi batuk yang dialami. Batuk akut berlangsung kurang dari 14 hari sedangkan batuk kronis bisa berlangsung hingga berbulan-bulan.

Penggemar Khawatir Taylor Swift Sakit dan Bisa Batalkan Konser di Singapura

Lalu, bagaimana cara tepat menangani batuk agar tidak berlangsung lama? Apakah sering batuk tanda menderita penyakit lain?

Simak jawabannya melalui pemaparan dr. Dewi Puspitorini, Sp.P dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne. dr. Reinita Arlin dan Indra Bekti akan menemani Anda pada acara yang tayang pukul 13.00-14.00 nanti. Simak live streaming-nya di laman VIVA.co.id lewat tautan ini. (tsy)

Waspada, Pertanda Batuk yang Bisa Jadi Pemicu Gejala Kanker Paru-paru
Ilustrasi pasien TBC.

TBC Masih Jadi Penyakit Menular Serius, Bisa Ditularkan di Tempat Kerja

Gejala paling umum yang menandai terpaparnya TBC adalah batuk terus menerus, baik berdahak maupun tidak berdahak. Kemudian, gejala khusus lainnya bisa disertai demam.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024