Sempat Diidap Ustaz Arifin Ilham, Ini Ganasnya Kanker Getah Bening

Ilustrasi sel kanker.
Sumber :
  • www.alternative-cancer.net

VIVA – Ustaz Arifin Ilham saat ini masih dirawat di RSCM Kencana, Jakarta. Ia dikabarkan tengah terbaring lemah akibat penyakit yang dideritanya.

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Sebelumnya, Ustaz Arifin Ilham sempat diketahui mengidap kanker getah bening stadium 4. Namun, penyakit kanker itu disebut-sebut sudah dapat disembuhkan. Lantas, seperti apa keganasan kanker getah bening atau limfoma yang sempat diderita Ustaz Arifin Ilham?

Data GLOBOCAN (IARAC) tahun 2012 menunjukkan limfoma merupakan salah satu dari sepuluh jenis kanker terbanyak di dunia. Kematian akibat limfoma masih sangat tinggi, mencapai setengah dari kasus baru. 

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

"Ada dua jenis limfoma, yaitu Limfoma Hodgkin (LH) dan Limfoma Non-Hodgkin (LNH). Gejala awal adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Limfoma Hodgkin lebih mudah disembuhkan (kurang ganas) dibandingkan Limfoma Non-Hodgkin," ujar dokter spesialis onkologi medik, Dr. dr. Hilman Tadjoedin, Sp.PD-KHOM dikutip dari siaran pers PT Ferron Par Pharmacueticals, Rabu 9 Januari 2019.

Baru-baru ini, penelitian bendamustine yang dikombinasikan dengan rituximab, salah satunya dilakukan oleh Prof. Rummel MJ, MD, PhD dari RS Universitas Giessen di Jerman dan sudah dipublikasikan di jurnal kedokteran terkemuka The Lancet. Hasilnya bendamustine efektif untuk pengobatan Limfoma Non-Hodgkin.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Penelitiannya selama bertahun-tahun terhadap bendamustine menunjukkan, jumlah kematian pasien yang diobati dengan bendamustine lebih sedikit jika dibandingkan jumlah kematian pasien yang diterapi dengan obat lain (CHOP-R). Sebanyak 73,9 persen pasien Limfoma Non-Hodgkin dapat bertahan hidup sampai 10 tahun. 

Bendamustine diberikan secara suntikan intravena, diberikan sendiri atau dengan kombinasi obat lain. Pasien tidak perlu melakukan pemeriksaan genetik terlebih dahulu kecuali pada kondisi khusus. Menurut Rummel, tidak ada kontraindikasi untuk bendamustine.

"Selama pasien memiliki kondisi ginjal, liver, dan organ lain sehat, maka dapat diterapi dengan bendamustine."  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya