Tak Siap Bercinta di Malam Pertama? Tenang, Anda Tak Sendirian

Ilustrasi seks.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Pengalaman bercinta pertama kali selalu tidak mudah. Di balik sensasi yang tak terlupakan ternyata banyak orang mengakui bahwa mereka tak siap bercinta pada momen pertama kali melakukannya.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan di Jurnal Sexual & Reproductive Health mengungkapkan bahwa 4 dari 10 wanita dan 1 dari 4 pria merasa bahwa berada di waktu yang tepat saat berhubungan seks pertamanya. Sebaliknya, sebagian dari hitungan itu justru mengaku tidak siap bercinta pada saat itu.

Penelitian itu dilakukan dengan melibatkan 2.825 responden berpengalaman secara seksual di antara usia 17 dan 24 tahun tentang pengalaman seksual pertama mereka. 

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

Dilansir laman Metro.co.uk, peserta ditanyai apakah mereka dan pasangannya sama-sama ingin melakukan hubungan seks, apakah keputusan itu terasa seperti milik mereka sendiri, apakah kontrasepsi digunakan, dan apakah mereka merasa siap pada saat memulai hubungan seks. 

Agar hubungan seks pertama kali terjadi pada saat yang tepat, para peserta perlu memiliki persetujuan, otonomi, penggunaan kontrasepsi, dan kesiapan. Di Inggris sendiri, hukum mengatur bahwa seorang bisa berhubungan seks sejak usia 16 tahun. Di luar itu, pilihan kapan melakukan hubungan seks terserah tiap individu. 

Warga Kian Resah Dengan Maraknya Pelacuran di Jalanan Kota Ini

Satu dari lima wanita mengatakan bahwa mereka dan pasangan mereka tidak memiliki keinginan yang sama untuk melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya, dengan mayoritas dari laporan ini bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas keputusan tersebut.

Satu dari sepuluh tidak menggunakan kontrasepsi ketika kehilangan keperawanan mereka. Para peneliti mengatakan bahwa 'usia kronologis mungkin merupakan indikator yang terlalu sederhana dari sifat hubungan seksual pertama'.

Secara non ilmiah, usia di atas 16 tahun bukan berarti mereka siap untuk berhubungan seks. Mereka yang berada dalam hubungan yang stabil ketika mereka kehilangan keperawanan mereka cenderung memiliki pengalaman pertama kali yang lebih positif, dan hal yang sama berlaku bagi mereka yang tahu tentang status seksual pasangan mereka. 

Perempuan muda yang membahas seks dengan orangtua mereka atau menerima pendidikan seks di sekolah lebih cenderung merasa 'siap' juga. Jadi tidak sesederhana hanya menyuruh anak muda untuk menunggu, hubungan yang kuat, komunikasi, dan pendidikan adalah kuncinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya