Kusta Bukan Penyakit yang Mudah Menular
Senin, 28 Januari 2019 | 16:41 WIB

Kusta Bukan Penyakit yang Mudah Menular

Kusta diketahui sebagai penyakit tertua di dunia.
Ilustrasi penderita kusta.
Photo :
  • Pixabay/Tusita Studio

Ilustrasi penderita kusta.

VIVA – Setiap tanggal 27 Januari, dunia memperingati Hari Kusta Internasional. Kusta sendiri diketahui merupakan penyakit tertua di dunia. Hal ini dibuktikan dengan adanya referensi penyakit ini sejak 600 Sebelum Masehi (SM).

Kusta dikenal juga dengan penyakit lepra. Penyakit ini disebabkan oleh mycobacterium leprae. Penyakit ini memengaruhi saraf ekstremitas, lapisan hidung dan saluran pernapasan bagian atas. Hal ini menyebabkan luka pada kulit, kerusakan saraf, dan kelemahan otot. Jika tidak diobati, bisa menyebabkan kecacatan, mutilasi (putusnya salah satu anggota gerak, seperti jari), ulserasi dan lainnya.

Dari rilis yang diterima VIVA, Senin, 28 Januari 2019, penderita yang mengalami penyakit ini sering dikucilkan dan dijauhi. Pengasingan ini terjadi sejak peradaban tertua di China, Mesir dan India yang menganggap bahwa kusta adalah penyakit menular dan tak bisa disembuhkan. Itu sebabnya, banyak penderitanya yang diasingkan dari kehidupan masyarakat. Faktanya, kusta tidak mudah menular.