5 Alasan Pemicu Wanita Ogah Diajak Bercinta

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Hubungan seksual setelah menikah tidak selalu panas. Ada banyak pemicunya, mulai dari kehadiran buah hati, hubungan yang sudah terlalu lama, hingga alat kontrasepsi yang membuat tak nyaman. 

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Jadi, meskipun masih saling mencintai, akhirnya banyak pasangan menikah yang tidak lagi berhubungan seksual. Meski menurut psikolog Ramani Durvasula, Ph.D hal ini cukup normal, tapi penting juga untuk mengatasinya agar tak berkepanjangan. Dilansir Women's Health, berikut permasalahan umum hasrat seksual menurun meski masih mencintai pasangan. 

Perubahan mood karena kontrasepsi

Terpopuler: Seks di Pagi Hari untuk Dapat Keturunan hingga Negara Termurah Buat Dikunjungi

Hal ini meski jarang terjadi pada banyak wanita, tapi tetap bisa terjadi pada beberapa orang lainnya, kata pakar kesehatan wanita Jennifer Wider.

"Karena ada hormon dalam pil pengontrol kehamilan, reaksinya bisa beragam dari satu wanita dengan wanita lain tergantung pada reaksi tubuh seseorang dan tipe campuran hormon dalam pil."

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

Jika merasa hasrat menghilang tepat setelah memulai menggunakan alat pengontrol kehamilan, coba metode lainnya atau bicarakan pada dokter. 

Memiliki anak

Menjadi ibu rumah tangga terkadang bisa mengganggu kehidupan seks. "Anda lelah, stres, dan tidak ingin merasakan seks lagi," kata Durvasula. 

Menjadi ibu artinya cenderung memenuhi kebutuhan dan permintaan yang lain, dan seks bisa terasa seperti permintaan yang lain. Coba bicarakan pada pasangan tekanan yang dihadapi secara terbuka pada pasangan tentang bagaimana itu memengaruhi kehidupan seksual. Jika mereka bisa membantu dengan banyak tanggung jawab yang diemban sehari-hari, itu bisa membantu meningkatkan hasrat seksual. 

Stres

Pria terkadang tidak mengerti jika ada saat wanita tiba-tiba saja tidak ingin melakukan hubungan seksual yang mungkin disebabkan oleh stres. Stres adalah hal normal yang bisa saja langsung memengaruhi kehidupan seksual. 

Durvasula merekomendasikan untuk menyempatkan waktu berhubungan seks meski sibuk dan mencoba membuat diri lebih santai. Seperti berendam dengan lilin di sekitar, atau menggunakan lingerie, semua hal yang bisa membantu. "Seks adalah bagian penting dalam sebuah hubungan," ujarnya. 

Bosan

Menikah dan berhubungan seks dengan orang yang sama setelah puluhan tahun bisa jadi hal membosankan. Daripada melihat dari lamanya, Durvasula merekomendasikan untuk mengingatkan diri sendiri bahwa ini hal yang spesial yang hanya bisa dinikmati Anda dan pasangan. 

Lakukan hal yang bisa membangkitkan gairah, coba berlibur, berhubungan seks di hotel, atau mencoba posisi baru. "Apa pun yang bisa membuat seks terasa baru," ujarnya. Dan jika semua usaha tersebut tidak berhasil, waktunya untuk terapi pasangan. 

Hilang ketertarikan

Meski ini bisa terjadi pada beberapa pasangan, sulit untuk menentukannya. "Ini membutuhkan banyak komunikasi, percakapan, keterbukaan, kejujuran. Manusia normal memiliki emosi seperti cemburu, kepraktisan, dan aman semua bermain di sini," kata Durvasula. 

Ia juga menjelaskan bahwa beberapa pasangan bisa merasa bahwa hubungan yang terbuka meningkatkan hubungan, tapi ini bukan solusi bagi banyak orang. Banyak orang memilih ada dalam hubungan monogami. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya