Paparan Polusi dari Toaster Mungkin Lebih Bahaya dari Jalanan

Ilustrasi roti.
Sumber :
  • Pixabay/Frank Oschatz

VIVA – Waktu sarapan menjadi momen makan yang sering terlewatkan oleh banyak orang. Banyak orang merasa tidak punya waktu untuk membuat sarapan sebelum berangkat beraktivitas.

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Tapi ada satu cara mudah yang kerap dipilih untuk membuat sarapan, yakni dengan membuat roti panggang menggunakan pemanggang roti otomatis atau toaster. Cukup masukkan roti ke dalam mesin pemanggang dan dalam beberapa saat akan matang.

Namun siapa sangka alat ini ternyata justru menjadi sumber polusi udara di rumah Anda. Sebuah studi terbaru dari University of Texas di Austin memperingatkan bahwa pemanggang roti, lilin, dan alat rumah tangga yang menghasilkan asap membuat orang terpapar lebih banyak polusi udara daripada berdiri di persimpangan jalan yang sibuk.

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Studi itu menyebut bahwa alat yang paling berbahaya adalah pemanggang roti. “Alat tersebut langsung mengirim partikel beracun ke udara begitu dinyalakan,” kata peneliti Marina Vance seperti dilansir New York Post.

Mambakar roti sangat berbahaya. Jika tidak cukup dengan roti yang diolesi mentega, para peneliti menyarankan, cukup panasnya hingga renyah.

Begini Cara Pasien Kanker Paru-paru Harus Berhati-hati saat Hadapi Polusi Udara

Penyebab polusi di rumah tangga lainnya, termasuk pembersih rumah, pembersih udara, dan semprotan. Kegiatan memasak seperti memanggang dan menggoreng juga bisa mencemari udara di rumah. (csr)

Ilustrasi serangan jantung

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Penyakit jantung menjadi salah satu masalah kesehatan utama di dunia, menyebabkan jutaan kematian setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024