Seram Seperti Ular Tapi Belut Punya 3 Manfaat Ajaib

Rica-Rica Belut khas Tuban
Sumber :
  • Dok. istimewa

VIVA – Belut dipercaya mengandung banyak gizi. Bahkan kandungan protein dari belut sangat tinggi. Tak heran jika kini beragam olahan berbahan dasar belut ramai menghiasi buku daftar menu restoran.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Meski bentuknya terkadang mengingatkan pada bentuk ular, belut ternyata menyimpan segudang manfaat. Dan dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin 4 Maret 2019, bersama dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK berikut ini manfaat konsumsi belut.

1.Tinggi gizi

Ada Tempat Kuliner Baru di Cikarang, Hadirkan Konsep Grill Delli Hingga Menu Delicatessen

Belut termasuk salah satu sumber protein hewani, asam amino. Dr Juwalita mengumpamakan, asam amino memiliki fungsi seperti batu bata bagi tubuh. "Kalau batu bata lengkap jadi bagus pondasinya karena mengandung asam amino esensial untuk membentuk antibodi, hormon, kekebalan tubuh," ujar Juwalita.

2.Mencegah anemia

Ngeri, Belut Besar Ditemukan Hidup Menggeliat di Perut Manusia

Memiliki kandungan protein tinggi, belut juga membantu mencegah anemia. Hal ini karena untuk membentuk sel darah merah dibutuhkan protein.

"Orang anemia karena kurang darah, kurang darah itu kurang zat besi, belut kandungan zat besi cukup (tinggi) meski tidak setinggi daging sapi tapi cukup. Vitamin B12 ini tinggi, fungsinya membantu pematangan sel darah merah. Percuma kandungan gizi cukup tapi B12 enggak cukup," ujar Juwalita.

3.Bagus untuk kesehatan mata

Jika selama ini hanya tahu sumber vitamin A adalah dari wortel dan daging, ternyata belut juga menjadi salah satu sumber vitamin A yang baik untuk mata. "Belut juga mengandung kadar vitamin A cukup tinggi," ujar dia. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya