Khasiat Ikan Gabus, Atasi Diabetes hingga Kuatkan Tulang dan Gigi

Asam asam ikan gabus
Sumber :
  • Dokumentasi Ayo Hidup Sehat tvOne

VIVA – Konsumsi ikan, diyakini lebih sehat daripada konsumsi daging sapi. Ikan mengandung lemak omega-3, sementara daging sapi mengandung lemak jahat yang tak sehat untuk tubuh.

Anjurkan Pangan Lokal untuk Cegah Stunting, Pakar: Ikan Kutuk dan Gabus Itu Bagus

Bukan cuma ikan salmon yang diyakini baik untuk dikonsumsi. Bahkan, ikan air tawar seperti ikan gabus pun sangat baik dikonsumsi.

Ikan gabus mengandung albumin, salah satu protein penting untuk tubuh manusia. Meski menyehatkan, banyak mitos dan fakta yang beredar tentang ikan gabus. Berikut mitos dan faktanya seperti diungkap dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 20 Maret 2019.

Mengenal Ikan Channa, Ikan Gabus Hias Harganya Selangit

Walau dijadikan ikan asin, kandungan gizi ikan gabus tetap baik

Mitos. Ikan gabus yang sudah diolah menjadi ikan asin, dicampur garam, lalu dijemur di luar ruangan yang terik, tentu membuat kandungan gizi ikan ini akan hilang.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

"Jika dijadikan ikan asin, sodiumnya kan tinggi. Jadi ini yang bisa menaikkan tekanan darah, ditambah lagi dijemur di tempat panas, jadi kandungan gizinya akan terurai," kata Spesialis Gizi Klinik, Samuel Oetoro.  

Konsumsi gabus dapat cegah kanker

Mitos. Ini lantaran kanker faktor penyebabnya sangat banyak. "Kanker itu multi faktor penyebabnya. Bagaimana cara pengolahan ikan gabus juga penting diperhatikan," kata Samuel.

Supaya tidak menjadi kanker, Samuel sarankan, olah dengan proses memasak yang sehat

Balado Ikan Asin Gabus Tahu

Ikan gabus bisa menyehatkan darah

Fakta. "Karena albumin adanya di darah, kegunaan albumin untuk menjaga tekanan di dalam pembuluh darah jadi stabil,” ucapnya.

Jika albumin turun, darah pun bisa merembes keluar ke jaringan antar sel. Sehingga, bisa menyebabkan bengkak hingga trombosit rendah.

"Albumin juga punya tugas membawa zat-zat gizi ke darah. Jika albumin-nya rendah maka darahnya tidak sehat,” kata dia.

Ikan gabus bantu pembentukan tulang dan gigi lebih kuat

Fakta. Karena mengandung protein tinggi, maka tak perlu diragukan lagi, konsumsi ikan gabus bisa menyehatkan tulang dan gigi.

"Protein funginya di tulang untuk memperkuat dan memadatkan. Jadi penting makan makanan yang kualitas proteinnya bagus, jadi baik dikonsumsi," kata Samuel.

Bisa sembuhkan diabetes

Bisa mitos bisa fakta. "Ini bukti penelitian yang bisa menyembuhkan diabetes baru pada hewan. Saat dikasih makan, ikan gabus terjadi pengendalian kadar gula darah, tapi pada manusia penelitiannya belum terbukti," ujar Samuel lagi.

Jika ingin merasakan manfaat dari konsumsi ikan gabus, Samuel memberikan tips bagaimana cara mengolah ikan gabus yang sehat.

"Cara konsumsi ikan gabus agar tetap sehat yang bagus ikan ini diolah dengan cara kukus atau di-steam. Jangan digoreng. Jika dikukus lalu ditambah beragam bumbu,” ujarnya.

Ada cara lain juga, bisa dibuat sup seperti pucung gabus. Tapi, lagi-lagi ingat, ikan gabusnya jangan digoreng. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya