Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Tanda Pilek Serius

Ilustrasi menutup hidung.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Hampir semua orang tentu pernah menderita pilek. Beberapa dari kita kerap menganggap sepele dan mengira bahwa pilek itu akan sembuh dengan sendirinya.

Latar Belakang Sejarah Flu Singapura dan Cara Pencegahannya

Tetapi gejala pilek biasa seringkali menjadi daerah abu-abu dan sering salah didiagnosis. Alergi atau sinusitis dapat disalahartikan sebagai pilek biasa. Lalu, bagaimana membedakan pilek biasa dengan sesuatu yang lebih serius? Berikut ini lima tanda Anda alami pilek serius, dilansir dari Health24, Jumat, 29 Maret 2019.

1. Gejala bertahan lebih dari lima hari

Soal Flu Singapura, Menkes Singgung Virus Terus Berkembang

Pilek biasanya dimulai dengan tenggorokan yang gatal, berkembang menjadi kongesti, kemudian pilek dan batuk. Gejala-gejala ini biasanya akan selesai dalam tiga sampai lima hari. Meskipun hidung berair dan batuk dapat berlangsung sedikit lebih lama. Jika gejala itu bertahan lebih dari lima hari, inilah saatnya untuk mengunjungi dokter. Ini bisa saja terjadi infeksi virus.

2.  Muntah dan merasa mual

Ramai Kasus Flu Singapura, Seberapa Fatal Jika Menyerang Anak-anak?

Muntah dan mual bukanlah gejala biasa dari flu biasa. Ini mungkin menandakan masalah pencernaan yang memicunya. Penting untuk mengunjungi dokter dan mengobati masalah perut juga, karena dapat menyebabkan dehidrasi.

3.  Demam

Selama flu biasa, beberapa orang mungkin merasa sedikit bingung dengan suhu tubuhnya. Namun, jika suhu tubuh terlampau tinggi, ini bisa menandakan ada infeksi yang menyebabkannya, seperti radang tenggorokan.

4.  Menderita sakit kepala parah

Sakit kepala yang parah mungkin menandakan sinusitis. Seseorang akan merasakan tekanan di sekitar mata dan hidung, dan sakit kepala akan lebih buruk jika Anda membungkuk. Dalam hal ini, kita perlu mengambil dekongestan untuk meredakan sinusitis dan memantau gejala untuk memastikan bahwa hal itu tidak berubah menjadi infeksi serius.

Sakit kepala ekstrem disertai leher kaku dan demam tinggi mungkin juga terjadi karena meningitis. Segera hubungi dokter jika mengalaminya.

5. Tubuh pegal

Pilek biasa mungkin membuat seorang merasa buruk. Ketika setiap sendi di tubuh Anda terasa terbakar, itu tanda Anda flu. Namun, jika Anda merasa tidak bisa beraktivitas, itu bukan flu biasa, tetapi virus influenza. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya