Bau Mulut Tak Sedap, Waspada Bahaya Kanker

Ilustrasi bau mulut
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Bau mulut saat puasa kerap jadi masalah yang cukup mengganggu. Bau mulut dikaitkan dengan banyak hal termasuk dari masalah kesehatan tubuh.

6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

80 persen bau mulut dipicu oleh masalah gigi dan mulut. Tak hanya itu, adanya sel kanker di area mulut, tenggorokan dan lambung menjadi pemicu hadirnya bau mulut tak sedap.

"Bau mulut menjadi indikasi adanya kanker di tubuh. Pada orang yang sudah ada kanker di lidah, nasofaring, atau lambung, saat bernapas akan timbul bau mulut tak sedap," ujar spesialis penyakit dalam Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG, dalam acara Ayo Hidup Sehat di TvOne, Selasa 7 Mei 2019.

5 Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Jarang Disadari, Dimulai dari Penglihatan yang Kabur

Adanya gangguan pada lambung seperti penyakit asam lambung yang kronis, turut memicu bau mulut tak sedap. Hal ini disebabkan lambung yang kesulitan menyerap makanan yang sudah dikonsumsi.

"Gangguan pada lambung membuat makanan di lambung bertahan cukup lama dan ini memicu bau mulut tak sedap," paparnya.

Hempas Bau Mulut dengan Obat Kumur, Begini Cara Pakainya Agar Wangi Seharian

Konsumsi makanan tertentu juga dapat membuat bau mulut tak sedap seperti bawang putih, pete, dan jengkol. Untuk mencegah bau mulut, dokter Ari menyarankan untuk selalu berkumur dengan air putih usai konsumsi makanan tersebut.

"Jaga kebersihan mulut dengan kumur lalu menyikat gigi saat mandi dan setelah makan. Rutin minum air putih serta memilah makanan yang baik untuk dikonsumsi," jelasnya.

Ilustrasi bau mulut.

Terpopuler: Tips Ampuh Atasi Bau Mulut Hingga Larangan Beli Baju Lebaran di 10 Hari Ramadhan

Kanal Lifestyle VIVA.co.id, Minggu, 31 Maret 2024, memiliki lima artikel terpopulerdengan jumlah pembaca paling tinggi. Artikel apa saja? Yuk simak!

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024