Bau Mulut Tak Sedap, Waspada Bahaya Kanker - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 8 Mei 2019 | 00:54 WIB

Bau Mulut Tak Sedap, Waspada Bahaya Kanker

Aroma mulut menandai kesehatan Anda.
Ilustrasi bau mulut
Photo :
  • pixabay/Adinavoicu

Ilustrasi bau mulut

VIVA – Bau mulut saat puasa kerap jadi masalah yang cukup mengganggu. Bau mulut dikaitkan dengan banyak hal termasuk dari masalah kesehatan tubuh.

80 persen bau mulut dipicu oleh masalah gigi dan mulut. Tak hanya itu, adanya sel kanker di area mulut, tenggorokan dan lambung menjadi pemicu hadirnya bau mulut tak sedap.

"Bau mulut menjadi indikasi adanya kanker di tubuh. Pada orang yang sudah ada kanker di lidah, nasofaring, atau lambung, saat bernapas akan timbul bau mulut tak sedap," ujar spesialis penyakit dalam Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG, dalam acara Ayo Hidup Sehat di TvOne, Selasa 7 Mei 2019.

Adanya gangguan pada lambung seperti penyakit asam lambung yang kronis, turut memicu bau mulut tak sedap. Hal ini disebabkan lambung yang kesulitan menyerap makanan yang sudah dikonsumsi.

"Gangguan pada lambung membuat makanan di lambung bertahan cukup lama dan ini memicu bau mulut tak sedap," paparnya.

Konsumsi makanan tertentu juga dapat membuat bau mulut tak sedap seperti bawang putih, pete, dan jengkol. Untuk mencegah bau mulut, dokter Ari menyarankan untuk selalu berkumur dengan air putih usai konsumsi makanan tersebut.

"Jaga kebersihan mulut dengan kumur lalu menyikat gigi saat mandi dan setelah makan. Rutin minum air putih serta memilah makanan yang baik untuk dikonsumsi," jelasnya.

Topik
loading...
Muat Lainnya...