Kena Sembelit, Wanita Ini Hilang Ingatan Saat Memaksa BAB

Ilustrasi sembelit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seorang wanita di Hong Kong yang mengalami sembelit harus kehilangan ingatannya 10 tahun karena memaksa untuk buang air besar (BAB). Namun, menurut laporan China Press melalui AsiaOne, amnesia wanita itu hanya berlangsung selama delapan jam.

Ahli Ungkap Alasan Kenapa Pria Lebih Lama Habiskan Waktu di Toilet Saat Buang Air

Keluarga wanita itu langsung melarikannya ke rumah sakit setelah insiden terjadi. Tapi, anak laki-laki wanita itu mengatakan kalau dokter mendapati otak ibunya berfungsi dengan normal. Meski dia sudah benar-benar sembuh, tapi wanita itu tidak memiliki satu ingatan pun pernah mengalami amnesia.

Dikutip dari laman NextShark, neurologist Dr. Peng Jiaxiong menjelaskan, kehilangan ingatan jangka pendek, secara medis dikenal dengan amnesia global sementara atau transient global amnesia, bisa disebabkan oleh ketidakmampuan katup jugularis internal di mana darah mengalir ke otak terpengaruh.

Mpok Atiek Idap Penyakit Tumor Usus, Simak Ini Gejala dan Penyebab yang Bisa Dirasakan

Dorongan berlebih saat sembelit bisa memicu kurangnya jumlah oksigen yang diantar ke otak. Dokter menambahkan, meskipun ini kondisi yang jarang terjadi, orang yang mengangkat benda-benda berat atau emosional juga berisiko mengalami anmesia jangka pendek.

Bagi mereka yang mengalami hilang ingatan setelah mengerahkan banyak tenaga, Peng menganjurkan, harus segera mendapatkan pertolongan medis. “Pasien juga memiliki risiko 30 persen lebih tinggi mengalami stroke,” ujarnya. (mus)

Sembelit Tak Kunjung Sembuh? Ini Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya
Insiden yang terjadi di 2024 Hanteo Music Awards

7 Insiden di 2024 Hanteo Music Awards, Penonton BAB hingga Berhubungan Seks

Acara 2024 Hanteo Music Awards di Korea Selatan menjadi pembicaraan hangat dengan berbagai alasan. Meskipun lineup-nya luar biasa, namun insiden tak biasa terjadi.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2024