Kena Sembelit, Wanita Ini Hilang Ingatan Saat Memaksa BAB - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Minggu, 26 Mei 2019 | 01:00 WIB

Kena Sembelit, Wanita Ini Hilang Ingatan Saat Memaksa BAB

Amnesia wanita itu hanya berlangsung selama delapan jam
Ilustrasi sembelit.
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi sembelit.

VIVA – Seorang wanita di Hong Kong yang mengalami sembelit harus kehilangan ingatannya 10 tahun karena memaksa untuk buang air besar (BAB). Namun, menurut laporan China Press melalui AsiaOne, amnesia wanita itu hanya berlangsung selama delapan jam.

Keluarga wanita itu langsung melarikannya ke rumah sakit setelah insiden terjadi. Tapi, anak laki-laki wanita itu mengatakan kalau dokter mendapati otak ibunya berfungsi dengan normal. Meski dia sudah benar-benar sembuh, tapi wanita itu tidak memiliki satu ingatan pun pernah mengalami amnesia.

Dikutip dari laman NextShark, neurologist Dr. Peng Jiaxiong menjelaskan, kehilangan ingatan jangka pendek, secara medis dikenal dengan amnesia global sementara atau transient global amnesia, bisa disebabkan oleh ketidakmampuan katup jugularis internal di mana darah mengalir ke otak terpengaruh.

Dorongan berlebih saat sembelit bisa memicu kurangnya jumlah oksigen yang diantar ke otak. Dokter menambahkan, meskipun ini kondisi yang jarang terjadi, orang yang mengangkat benda-benda berat atau emosional juga berisiko mengalami anmesia jangka pendek.

Bagi mereka yang mengalami hilang ingatan setelah mengerahkan banyak tenaga, Peng menganjurkan, harus segera mendapatkan pertolongan medis. “Pasien juga memiliki risiko 30 persen lebih tinggi mengalami stroke,” ujarnya. (mus)

loading...
Muat Lainnya...