Alasan Osteoartritis Rentan Intai Wanita - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Jumat, 14 Juni 2019 | 06:16 WIB

Alasan Osteoartritis Rentan Intai Wanita

Kelebihan berat badan bisa sebabkan pengapuran.
Ilustrasi wanita penderita osteoartritis.
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi wanita penderita osteoartritis.

VIVA – Osteoartritis merupakan salah satu masalah pada sendi yang memicu rasa nyeri. Salah satu faktor penyakit osteoartritis tersebut adalah kegemukan.

Pengapuran atau dalam bahasa medis disebut osteoarthritis, disebabkan oleh proses penuaan yang menyerang persendian, terutama pada sendi yang menyangga berat badan, seperti pada lutut, pinggul, punggung, leher, dan sendi pada jari-jari. Tak hanya itu, beban yang berat dari bobot tubuh mengakibatkan sendi pada lutut sering kali menjadi sasaran utama terjadinya osteoartritis. 

"Kelebihan berat badan bisa sebabkan pengapuran karena beban dibawa ke mana saja setiap hari. Biasanya sendi yang paling sering dikeluhkan adalah lutut karena menjadi tumpuan saat berjalan, walaupun tidak menutup kemungkinan sendi lain alami pengapuran," ujar spesialis orthopedi Dr. dr. Norman Zainal, Sp.OT, M.Kes., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 13 Juni 2019.

Hormon juga turut berperan terhadap proses pengapuran pada tulang. Pada wanita, hormon lah yang menjadi sumber paling sering pemicu pengapuran tersebut.

"Saat usia 40 tahun, hormon leptin (pembentuk sel lemak) pada wanita lebih banyak dibanding pria. Makanya data dari WHO, perempuan hampir 2 kali lipat lebih sering terkena pengapuran dibanding laki-laki," katanya.

Rasa nyeri serta bunyi gemeretak menjadi gejala adanya pengapuran pada sendi. Untuk mencegah proses pengapuran tersebut, disarankan agar bisa menjaga berat badan dan meminimalisasi lemak di tubuh dengan aktif bergerak.

"Jaga keseimbangan berat badan serta aktif bergerak tapi jangan berlebihan," terangnya.

loading...
Muat Lainnya...