Trik Cegah Kehamilan Jika Kondom Bocor

Ilustrasi kondom.
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA – Penggunaan kondom dianggap sebagai cara terbaik untuk mencegah kehamilan yang tak direncanakan. Bukan cuma itu, kondom juga berfungsi sebagai alat kontrasepsi yang bisa mengurangi risiko penyakit menular seksual.

Terpopuler: Kisah Mualaf Putra Altar, Zaidul Akbar Sebut Tak Perlu Sarapan di Pagi Hari

Walaupun begitu, tetap saja saat menggunakan kondom, penting untuk memeriksanya lagi dan lagi. Jika rusak saat baru pertama dipasang, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Tapi jika kondom rusak dan semen bocor saat aktivitas seksual terjadi, jangan panik. Ada cara untuk mencegah kehamilan di luar rencana. Dilansir Only My Health, berikut hal yang bisa dilakukan saat kondom bocor.

Pakai Kondom Dobel Malah Berisiko Bisa Berujung di IGD, Kenapa?

Buang sisa sperma berlebih

Bertindak segera bahkan meski itu hanya kecurigaan bahwa kondom bocor. Duduk atau berdirilah dalam posisi tegak. Jangan biarkan sperma masuk ke dalam vagina. Berdiri dan biarkan gravitasi yang bekerja.

Kondom Juga Bisa Bikin Istri Melayang di Atas Ranjang, Begini Cara Stimulasinya

Cara lain untuk menghindari kehamilan adalah membersihkan sisa sperma dari vagina. Ingat, kesempatan hamil tergantung pada jumlah sperma yang bersinggungan dengan vagina.

Kontrasepsi darurat

Jika kondom bocor, kontrasepsi darurat bisa memberi kesempatan kedua untuk mencegah kehamilan. Meski, obat kontrasepsi seperti pil tersedia tanpa resep, tapi alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter. Dan pastikan minum obat tersebut antara 72 jam dari terjadinya kontak seksual. Karena jika lebih dari jangka waktu tersebut, efektivitasnya akan berkurang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya