Hepatitis A Bisa Disembuhkan, Kenali Gejala dan Cara Penanganannya

Ilustrasi Hepatitis.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Wabah penyakit Hepatitis A merebak di Pacitan, Jawa Timur. Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia WHO memperkirakan di dunia setiap tahunnya ada sekitar 1,4 juta pasien Hepatitis A.

Ahli Ingatkan Fatty Liver Bisa Sebabkan Hepatitis, Pengerasan Hati bahkan Kanker

Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Hepatitis A (HAV), termasuk family picornaviridae genus hepatovirus yang merupakan RNA virus. Dengan masa inkubasi selama 15–50 hari (rata-rata 28 hari).

Meski demikian, seseorang yang terkena Hepatitis A bisa disembuhkan. Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Wiendra Waworuntu, melalui keterangan persnya menyebut, untuk pengobatannya para pasien harus istirahat total (tidur berbaring di tempat tidur) selama kurang lebih 1 minggu sampai nafsu makan meningkat.

Angka Penyakit Hati Meningkat, Temulawak Bisa Perbaiki Hingga Cegah Kerusakannya

“Tidak ada pengobatan khusus, hanya terapi suportif saja dan diutamakan meningkatkan daya tahan tubuh (istirahat dan makan makanan yang bergizi),” kata dia seperti dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA, Sabtu, 29 Juni 2019.

Lebih lanjut, Wiendra juga memberikan beberapa prosedur penanganan terhadap penderita, kontak dan lingkungan sekitar.

Masuk Kelompok Rentan, Ribuan Nakes di Tangerang Bakal Disuntik Imunisasi Hepatitis B

Untuk yang positif hepatitis (konfirm) harus ditangani dengan baik, untuk kesembuhan dan tidak menularkan ke orang lain. Kemudian, anak-anak yang demam dan lebih lagi yang ikterus (pewarnaan kuning yang tampak pada sklera atau bagian putih mata dan kulit yang disebabkan oleh penumpukan bilirubin) agar tetap di rumah tidak usah sekolah. Terakhir, disinfeksi lingkungan yang menjadi sumber penularan.

Diketahui, ciri atau tanda dan gejala terinfeksi Hepatitis A antara lain, demam, malaise (lemah, lesu), anoreksia (tidak nafsu makan), gangguan saluran cerna, dan ikterus. Jika mengalami beberapa tanda seperti itu bisa segera ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. (ase)

Ilustrasi Hepatitis.

4 Penyakit Liver yang Sering Diabaikan, yang Terakhir Perlu Jadi Perhatian

Penyakit liver terjadi ketika organ hati mengalami gangguan sehingga tak berfungsi sebagaimana mestinya. Liver atau hati merupakan salah satu organ terbesar dalam tubuh.

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2024