Menular Lewat Seks dan Makanan, Ini Cara Cegah Penularan Hepatitis A

Ilustrasi Hepatitis.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Selama dua pekan terakhir ditemukan lebih dari 877 warga Pacitan, Jawa Timur terjangkit penyakit hepatitis A. Wabah penyakit ini mulai teridentifikasi pada 13 Juni lalu dengan jumlah penderita awal sebanyak 24 orang. 

Kasus DBD Meningkat Drastis, DPR Ingatkan Pemerintah Kerahkan Semua Sumber Daya

Khawatir akan angka yang terus bertambah dan sebaran yang kian meluas, Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, akhirnya menetapkan kejadian luar biasa (KLB). 

Dikutip dari siaran pers Alodokter yang diterima VIVA, Senin 1 Juli 2019, hepatitis A adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Infeksi yang akan mengganggu kerja organ hati ini dapat menular dengan mudah, melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus.

Pemerintah Tebar Insentif Kendaraan Listrik hingga 10 Persen, Intip Simulasinya

Penyebab penyakit ini adalah virus hepatitis A. Virus ini dapat menyebar dengan mudah melalui konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi tinja penderita hepatitis A.

Terlebih, seseorang lebih mudah terkena hepatitis A jika melakukan hubungan intim dengan penderita hepatitis A. Selain itu, tinggal serumah dengan penderita hepatitis A memicu seseorang rentan terhadap penyakit tersebut.

Kasus Polio Kembali Ditemukan, Ini Pemicunya

Gejala hepatitis A muncul beberapa minggu setelah penderita tertular virus tersebut. Gejala yang paling disadari oleh penderita hepatitis A adalah perubahan warna mata dan kulit menjadi kuning. Tetapi sebelum timbulnya penyakit kuning, penderita dapat mengalami demam, lemas, mual dan muntah, warna urine menjadi gelap, dan warna tinja menjadi pucat.

Untuk itu, hepatitis A dapat dicegah dengan beberapa cara, antara lain melakukan vaksinasi hepatitis A, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menghindari konsumsi makanan mentah atau setengah matang. (rna)

 Asprov PSSI Sumut saat menggelar jumpa pers

KLB PSSI Sumut Digelar Usai PON 2024

Kongres Luar Biasa (KLB) Asprov PSSI Sumut akan digelar usai perhelatan PON 2024 Aceh-Sumut. Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Sinulingga diminta fokus pada tim sepakbola

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024