6 Tips Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap di Vagina

ilustrasi organ intim/vagina.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Bau vagina yang tidak biasa terjadi dari waktu ke waktu. Bahkan meski wanita telah merawat tubuh dan vaginanya dengan baik, masih mungkin mengalami bau yang tidak dikenal. Namun, yang tidak normal adalah bau yang persisten atau kuat.

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Vagina sendiri memiliki bau alami dan berbeda pada setiap wanita. Aroma khas vagina yang sehat dapat digambarkan sebagai "musky" (bau agak asam seperti cuka) atau "fleshy". Siklus menstruasi dapat menyebabkan sedikit aroma "logam" untuk beberapa hari, sedangkan hubungan intim dapat mengubah bau sementara.

Sebenarnya vagina secara alami bisa membersihkan dirinya. Karena itu, jika muncul bau yang kuat, gatal dan iritasi, serta keluar cairan yang tidak biasa menjadi tanda ada sesuatu di sana. Jika mengalaminya, Anda mungkin perlu sedikit bantuan menghilangkan bau. Dan berikut ini tips menghilangkan bau tak biasa pada vagina, seperti dilansir dari Healthline.

Awas! Meski Nikmat, Posisi Seks Ini Berbahaya dan Berisiko Bikin Penis Patah

1. Praktikkan kebersihan dengan baik

Bersihkan bagian luar vagina secara teratur dengan handuk kecil dan sabun lembut. Cara ini akan menghilangkan kulit mati, keringat, dan kotoran. Tapi jangan gunakan sabun wangi atau sabun badan karena aroma dan bahan kimia di sabun tersebut dapat mengganggu pH alami vagina. Sabun batangan mungkin lebih lembut dari pada sabun badan.

5 Kesalahan Wanita saat Berhubungan Seks, Bikin Urusan Ranjang Gak Nikmat

2. Pilih produk penghilang bau eksterior

Jika ingin menggunakan spray atau parfum, gunakan saja di bagian luar vagina. Jangan sampai masuk ke dalam karena dapat mengganggu bakteri alami dan menyebabkan masalah yang lebih besar.

3. Ganti celana dalam

Jika biasanya mengenakan celana satin, sutra, atau poliester, beralihlah ke katun 100 persen. Bahan celana dari katun memiliki pori-pori yang membuatnya mudah bernapas dan sangat membantu menghilangkan keringat dan cairan tubuh Anda. Sebab kelembapan yang berlebihan dapat mengganggu tingkat bakteri alami vagina.

4. Produk tepat

Produk tanpa resep (OTC) dapat membantu mengembalikan pH alami vagina. Jika telah mencobanya dan baunya tetap atau semakin memburuk, buatlah janji dengan dokter. Anda mungkin perlu menggunakan produk yang berbeda atau mencari alternatif resep yang lebih kuat.

5. Coba minyak esensial

Perawatan ini memiliki sangat sedikit penelitian medis untuk mendukungnya. Tetapi bukti anekdotal menunjukkan tea tree oil bisa membantu menghilangkan bau di vagina. Minyak esensial ini memiliki sifat antimikroba dan antijamur alami, yang dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bakteri.

Caranya, campur beberapa teten tea tree oil dengan air, kemudian oleskan satu atau dua kali ke bagian luar vagina. Ulangi selama tiga hingga lima hari. Namun jika gejala tak membaik atau malah memburuk, hentikan pemakaian.

6. Berendam dalam air bercampur cuka

Sering mandi air panas atau berendam air panas dapat mengganggu pH alami vagina. Karena itu, pilihlah air hangat dan tuangkan satu atau dua cangkir cuka sari apel ke dalamnya, kemudian berendamlah selama 20 menit. Cuka secara alami dapat mengurangi bakteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya