Minimalisir Korban, Menkes Beri Tips Cegah Penularan Hepatitis A

Menkes RI, Nila Moeloek
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza Liane

VIVA – Sebanyak 957 warga Pacitan, Jawa Timur terserang hepatitis A. Kasus hepatitis A di Pacitan itu pun sudah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Ahli Ingatkan Fatty Liver Bisa Sebabkan Hepatitis, Pengerasan Hati bahkan Kanker

Untuk mencegah penularan hepatitis A, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan, warga perlu menjaga asupan makannya demi meminimalisir sistem kerja organ hati atau liver.

"Istilah saya diistirahatkan livernya. Liver itu lebih banyak kerja untuk karbohidrat, gula. Itu biasanya kita kurangin," ujar Nila berdasarkan rilis, Kamis, 4 Juli 2019.

Angka Penyakit Hati Meningkat, Temulawak Bisa Perbaiki Hingga Cegah Kerusakannya

Hepatitis A merupakan penyakit menular oleh virus yang menyerang organ liver atau hati manusia. Masa inkubasi atau perkembangan penyakit hepatitis A dalam tubuh selama 15-50 hari. Sementara masa penyembuhannya sekitar 2 minggu, bahkan bisa kurang atau lebih dari 2 minggu.

Kendati demikian, belum ada obat yang bisa menyembuhkan hepatitis A. Sehingga bagi warga yang tertular virus tersebut, Menkes meminta untuk beristirahat. "Hepatitis kan tidak ada obatnya, tadi saya bilang istirahat, itu virus," ujarnya.

Masuk Kelompok Rentan, Ribuan Nakes di Tangerang Bakal Disuntik Imunisasi Hepatitis B

Tak hanya itu, dia juga mengimbau agar masyarakat bisa menerapkan perilaku hidup bersih. Dengan begitu, penularan Hepatitis A bisa diminimalisir.

"Imbauan untuk masyarakat jaga kebersihan, sebelum makan cuci tangan dulu,” tandasnya.

Ilustrasi Hepatitis.

4 Penyakit Liver yang Sering Diabaikan, yang Terakhir Perlu Jadi Perhatian

Penyakit liver terjadi ketika organ hati mengalami gangguan sehingga tak berfungsi sebagaimana mestinya. Liver atau hati merupakan salah satu organ terbesar dalam tubuh.

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2024