Susu Dicampur Buah Bisa Hilangkan Nutrisinya, Benarkah?

Sop buah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Siapa yang mampu menolak kesegaran sop buah saat terik melanda.  Sop buah menjadi minuman yang cukup digemari banyak orang.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Berisi potongan macam-macam buah, es batu dan diberi topping susu kental manis, gula cair dan sirup, pasti sukses menggugah selera.

Meski segar dan ada potongan buahnya, namun tak berarti minuman ini sehat lho. Ada beberapa yang menyebut bahwa tambahan gula, susu dan sirup justru mampu menghilangkan khasiat buah-buah tersebut.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Di sisi lain, kelebihan konsumsi gula juga mengancam kesehatan, salah satunya obesitas hingga diabetes. "Kita harus melihat lagi kandungan dari sop buah tersebut. Jika kita menambahkan terlalu banyak gula dan buah-buahan yang tinggi kadar glukosanya, itu tentu saja dapat meningkatkan risiko diabetes," ujar dr. Raissa Djuanda Sp.GK dalam program Ayo Hidup Sehat, Jumat 5 Juli 2019.

Lebih lanjut jika buah-buahan tersebut dikonsumsi tanpa gula, maka risiko diabetes otomatis akan berkurang. Raissa juga meluruskan mitos dan fakta yang menyebutkan bahwa konsumsi buah dengan susu akan menghilangkan kadar nutrisinya.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

"Itu mitos, nutrisi pada buah tidak akan hilang jika dicampur dengan susu," katanya. 

Sebaliknya, ia menyebut bahwa jenis susu yang digunakan juga sebaiknya diperhatikan. "Jika susu yang digunakan pada sop buah itu susu yang full cream, maka akan berpotensi meningkatkan asam lambung dibandingkan dengan susu rendah lemak," katanya. (nda)

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024