Rawan Terpapar Polusi, Lansia Perlu Olahraga Ini

Ilustrasi lansia.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Situs AirVisual menyebutkan, DKI Jakarta sebagai kota dengan tingkat polusi udara terburuk di dunia. Kabar ini ramai diperbincangkan mengingat banyaknya aktivitas yang dilakukan di luar ruangan membuat tubuh rentan terpapar kualitas udara yang memburuk.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Salah satu kelompok yang rentan yaitu lanjut usia atau lansia. Kondisi lansia yang mulai mengalami penurunan fungsi di organ tubuhnya, memicu bahaya polusi udara mengintai seperti influenza, gangguan pada paru-paru dan saluran pernapasan bagian atas.

"Influenza penyakit sederhana tapi bisa berakibat fatal pada orangtua. Influenza pada lansia sulit sembuh dan malah menurunkan daya tahan tubuh serta kena infeksi paru seperti pneumonia," ujar spesialis penyakit dalam, Prof Dr dr Siti Setiati SpPD-KGER, MEpid, beberapa waktu lalu.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Untuk meminimalisir bahaya penyakit yang mengintai, ternyata lansia perlu tetap aktif bergerak. Sebab, hal tersebut dapat membuat tubuh terasa lebih bugar.

"Tetap keluar rumah tidak apa-apa. Lebih baik olahraga. Kalaupun kena polusi, tidak akan memengaruhi terlalu banyak," kata dia.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Menurutnya, olahraga apapun bisa dilakukan oleh lansia. Namun, jenis olahraga yang disarankan untuk lansia adalah berjalan kaki.

"Mau yoga, berenang, sepeda, silakan saja tapi memang yang aman adalah jalan kaki. Olahraga harus melihat kemampuan lansianya." [mus] 

Ilustrasi mayat

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Amsiah lansia berusia 75 tahun, warga Kecamatan Cilondong, Depok tewas usai tertimpa atap rumah yang ambruk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024