Punya Diabetes? Atasi dengan Salah Satu Teh Ini

Ilustrasi Diabetes
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Diabetes merupakan suatu kondisi yang menyebabkan kadar gula darah tinggi dalam darah. Terlepas dari mengonsumsi obat-obatan, biasanya penderita diabetes disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, agar kondisinya dapat terkendali.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Sebagian besar penderita diabetes disarankan untuk mengurangi gula, karbohidrat olahan, lemak jenuh dan lemak trans dari makanan, dan beralih ke gandum utuh. 

Namun, ada beberapa teh herbal yang telah menunjukkan efek positif untuk mengontrol diabetes. Minum satu atau dua cangkir teh ini setiap hari dapat membantu mengendalikan kadar glukosa dalam darah. Tetapi ingat, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi teh-teh ini.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Dilansir VIVA dari boldsky, Selasa 9 Juli 2019, berikut lima teh herbal yang dapat membantu mengelola kadar gula darah secara alami.

1. Teh ginseng

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Ginseng dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dan meningkatkan sekresi insulin dari pankreas. Dianjurkan untuk minum secangkir teh ini setiap pagi untuk menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali. 

2. Teh hijau

Teh hijau memiliki efek besar pada tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol LDL. Beberapa penelitian telah menunjukkan, mengonsumsi hingga enam cangkir teh hijau setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Tetapi, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan sebelum temuan dapat ditetapkan dengan pasti. Jangan tambahkan pemanis apapun, sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan beberapa tetes perasan lemon.

3. Teh fenugreek

Teh ini tinggi serat larut yang dapat mengurangi gula darah dengan memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Teh fenugreek juga kaya antioksidan, vitamin, dan mineral.

4. Teh dandelion

Dandelion mengandung komponen bioaktif dengan sifat antidiabetik potensial. Hasil penelitian telah menunjukkan, konsumsi daun dandelion dan bubur akarnya secara signifikan dapat mengurangi gula darah pada diabetes tipe 2.

5. Teh oolong

Kandungan kafein dalam teh oolong dapat membantu penderita diabetes tipe 2 mengurangi gula darah. Masukkan dua sendok teh daun oolong ke dalam secangkir air panas dan biarkan 1-5 menit hingga teh meresap. Hindari menggunakan air mendidih untuk membuat minuman herbal ini. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya