Olahraga Malam Ada Aturannya Supaya Kamu Enggak Kram

ilustrasi olahraga karate
Sumber :
  • Pixabay/svklimkin

VIVA – Di saat sibuk bekerja, seringkali orang memilih berolahraga di malam hari. Tapi, apakah baik berolahraga menjelang tidur?

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Dokter spesialis olahraga dr. Sophia Hage, SpKO mengatakan, sebenarnya tidak ada jawaban tepat mengenai kapan waktu yang baik untuk berolahraga. Waktu berolahraga sangat tergantung dari pola hidup individu yang melakukannya.

"Kalau seseorang terbiasa bangun pagi dan di waktu pagi ia punya waktu berolahraga, tidak masalah. Yang penting disesuaikan dengan jadwal yang sudah teratur setiap hari," kata Sophia dalam acara talkshow Be Active, Eat Well, Stress Less di Multivision Tower, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019.

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Justru memasukkan sebuah kebiasaan baru bisa merusak semua keteraturan jadwal itu dan kemungkinan besar tidak bisa terbangun menjadi kebiasaan. Tapi, jika seseorang mau mengadopsi kebiasaan baru, jadwal tidak terganggu dan tidak menjadi beban, bisa saja itu menjadi kebiasaan baginya.

Jika memang Anda memiliki waktu yang lebih luang di pagi hari untuk berolahraga, Sophia menganjurkan, tidak perlu berlama-lama. Cukup luangkan sekitar 30 menit saja setiap hari.

Profil Yoon Sung Bin, Atlet yang Dirumorkan Jadi Pacar Baru Jihyo TWICE

Ia menambahkan, dalam satu minggu kita disarankan untuk beraktivitas fisik setidaknya 150 menit. Meski begitu, waktu tersebut tidak bisa ditebus dalam satu kali berolahraga saja.

Cara terbaik adalah membagi 150 menit tersebut menjadi waktu yang lebih singkat selama satu minggu. Jadi, dalam satu hari, sempatkan setengah jam untuk olahraga.

"Dibuat kebiasaan, kalau sudah menjadi kebiasaan, tingkatkan durasinya dan mainkan. Tapi, yang pertama harus dilakukan adalah cari waktu dulu," kata Sophia.

Lantas, bagaimana dengan olahraga di malam hari? Menurut Sophia, olahraga malam tidak masalah dilakukan asal jangan dilakukan dalam keadaan perut penuh atau sehabis makan. Jika tidak, perut bisa kram dan pusing karena setelah makan, aliran darah menuju ke pencernaan.

Setidaknya, tunggu 1-2 jam sesudah atau sebelum makan. Selain itu, tunggulah denyut jantung menurun terlebih dahulu sebelum tidur agar istirahat bisa nyenyak. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya