Amankah Penderita Diabetes Konsumsi Nanas Madu?

Buah nanas
Sumber :
  • Dokumentasi Ayo Hidup Sehat tvOne

VIVA – Belakangan buah nanas madu marak dijajakkan para penjual. Meski buahnya lebih kecil dari jenis nanas lainnya, namun nanas madu diyakini memiliki rasa lebih manis.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Karena memiliki rasa yang manis, buah ini belakangan banyak diburu. Namun, untuk penderita diabetes, amankah buah ini dikonsumsi?

Spesialis gizi klinis, DR. dr. Samuel Oetoro MS, SpGK dalam program acara Ayo Hodp Sehat di tvOne, Rabu 10 Juli 2019 mengatakan, meski nanas madu mengandung kandungan gula buah atau fruktosa yng tinggi, buah ini tetap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kendati demikian, harus dipilih tingkat kematangan yang belum begitu masak.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

"Untuk penyandang diabetes, nanas madu aman, tapi jangan yang terlalu manis. Jika sudah terlalu manis, kandungan glukosanya sudah bertambah. Jadi lihat derajat kematangannya. Jika kulitnya kuning mengarah ke oranye, itu sudah matang dan biasanya manis sekali," katanya.

Ciri nanas yang matang dan manis, kata Samuel, juga bisa diketahui dari wanginya. Jika aromanya wangi sekali, ini bisa dipastikan nanas matang dan memiliki rasa manis.

Rahasia Cantik Alami: Ini Manfaat Luar Biasa Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dan untuk mereka yang suka nanas, sebenarnya, buah ini aman dikonsumsi tiap hari. Tapi ingat, pilih buah yang jangan terlalu matang.

"Karena saat terlalu matang wanginya tajam, glukosanya mulai tinggi. Itu bisa menyebabkan kadar gula darah Anda naik," ujar Samuel. (rna)

Ilustrasi Scaling Gigi

5 Dampak Buruk Jarang Scaling Gigi: Bisa Picu Penyakit Jantung hingga Diabetes

Scaling gigi adalah prosedur membersihkan plak dan karang gigi. Plak adalah lapisan warna putih di permukaan gigi ketika bakteri dalam mulut bereaksi dengan sisa makanan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024