5 Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kematian - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Jumat, 12 Juli 2019 | 13:05 WIB

5 Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Sebabkan Kematian

Beberapa di antaranya mengandung sianida.
Ilustrasi apel dan kayu manis
Photo :
  • Pixabay/Santarina81

Ilustrasi apel dan kayu manis

VIVA – Makan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Maka dari itu penting untuk mengonsumsi makanan yang baik bagi tubuh. 

Pada dasarnya, makanan merupakan sumber nutrisi yang diperlukan tubuh agar lebih berenergi. Tapi bagaimana dengan makanan yang bisa melakukan sebaliknya?  

Ternyata ada beberapa jenis makanan yang 'terlihat aman' dan biasa dikonsumsi, namun bisa juga berdampak serius jika cara mengonsumsinya salah atau bahkan berlebihan, dilansir dari Foodbeast.com. Penasaran? berikut ini lima makanan yang bisa menyebabkan kematian.

1. Kayu manis

Kayu manis pada dasarnya serbuk kulit kayu manis, dan paling baik digunakan dalam porsi kecil dalam makanan.  Namun ternyata menghirup kayu manis secara tidak sengaja dapat menyebabkan gejala mengerikan, seperti peradangan, menimbulkan jaringan parut di paru-paru, hingga muntah. Tak hanya itu, bahkan dosis tertentu konsumsi kayu manis bahkan mampu memicu keracunan hingga kematian.

2. Tomat

Kita tahu tomat merupakan sayuran yang baik bagi tubuh karena mengandung serat yang tinggi dan kaya akan antioksidan. Namun, ternyata batang dan daun pada tomat mengandung racun yang disebut glycoalkaloid dan bisa beracun jika dimakan dalam jumlah besar.  

3. Kacang lima (kratok)

Kacang lima dikenal memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, lantaran kacang merupakan sumber protein. Kacang jenis ini dalam bentuk mentah mengandung linamarin yang berubah menjadi hidrogen sianida setelah dikonsumsi dan diurai.  Untuk membersihkan kacang-kacangan dari bahan kimia ini, pastikan untuk memasaknya dengan seksama hingga matang dan kulitnya nampak terbuka, kemudian tiriskan dan bilas kacang setelah matang.

4. Ceri

Ceri adalah salah satu buah favorit lantaran rasanya yang manis, pedas, dan terlihat menggemaskan.  Tapi ternyata biji ceri kecil itu mengandung hidrogen sianida yang sangat berbahaya, yang dapat membuat Anda sangat sakit atau bahkan membunuh Anda, jika Anda memakan biji yang rusak.  

Mengunyahnya akan lebih berbahaya karena melepaskan racun langsung ke aliran darah Anda.  Dibutuhkan sekitar dua biji ceri yang rusak untuk menyebabkan kerusakan atau kematian pada orang dewasa. 

5. Apel

Sayangnya, biji apel memiliki racun mematikan yang sama dengan biji ceri. Biji yang dikunyah akan melepaskan sianida yang dapat menyebabkan kelumpuhan, gagal jantung, dan bahkan kematian. Untungnya butuh sekitar 200 biji apel untuk memberikan pengaruh yang fatal.  Selama Anda tidak mengunyah segenggam biji apel, maka Anda akan baik-baik saja. (rna)
 

loading...
Muat Lainnya...