Awas, Maraton Drakor Lebih Bahaya daripada Duduk Seharian di Kantor

Ilustrasi menonton TV.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Gaya hidup yang kurang bergerak dapat berdampak buruk pada kesehatan. Diketahui bahwa duduk sepanjang hari di tempat kerja dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah.

Takut Anak Nonton di Luar Usianya? Tenang, 6 Tips Pilih Tontonan Aman Ini Bisa Bantu Anda

Namun, dilansir dari Times of India, Senin, 22 Juli 2019, ternyata ada kebiasaan umum lain yang lebih berbahaya bagi kesehatan Anda dibanding duduk sepanjang hari.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, binge-watching TV, atau melakukan maraton film dan serial TV favorit, termasuk drama Korea (drakor), lebih buruk daripada duduk di kantor sepanjang hari.

Viral Atap Rumah Roboh saat Santai di Ruang Tamu

Kita semua tahu bahwa gaya hidup kurang bergerak dikaitkan dengan penyakit jantung, penambahan berat badan, bahkan kematian dini, tetapi para peneliti mengatakan bahwa melakukan binge-watching TV lebih berbahaya.

Para peneliti melakukan survei pada 3.592 orang dan melacak kebiasaan duduk mereka, olahraga rutin dan jumlah jam yang mereka habiskan untuk menonton. Ditemukan bahwa orang-orang yang menonton TV lebih dari 4 jam setiap hari, menghadapi risiko penyakit jantung dan kematian dini 50 persen lebih tinggi dibanding dengan orang-orang yang menonton TV hanya dua jam setiap hari.

Studi: Menonton TV Terlalu Banyak Meningkatkan Kematian Lebih Cepat

Ini membuktikan bahwa melakukan binge-watching lebih berbahaya daripada duduk sepanjang hari di kantor,

Biasanya, orang-orang melakukan kebiasaan ini di pengujung hari dan saat itulah mereka cenderung mengonsumsi makanan dengan porsi terbesar mereka. Juga, mereka mungkin benar-benar tidak bergerak selama berjam-jam sampai mereka tertidur. Makan besar dan duduk berjam-jam adalah kombinasi yang berbahaya.

Terlebih lagi, biasanya saat menonton TV, orang cenderung mengonsumsi camilan yang tidak sehat. Sedangkan kebanyakan orang yang duduk berjam-jam di tempat kerja, biasanya mereka masih bergerak, mengobrol dengan teman, bahkan menghadiri rapat, yang membuat mereka lebih aktif dibanding melakukan binge-watching.

Penelitian ini tidak menemukan hubungan antara menonton TV dengan penyakit jantung. Tetapi ada baiknya untuk mengurangi jumlah jam Anda di depan layar. Manjakan diri Anda dengan melakukan hobi lain, seperti berjalan dan jogging, bukan berdiam diri di depan TV. (nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya