Cengkih Bisa Turunkan Berat Badan, Begini Caranya - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 29 Juli 2019 | 11:16 WIB

Cengkih Bisa Turunkan Berat Badan, Begini Caranya

Cengkih kaya akan nutrisi
Ilustrasi cengkih.
Photo :
  • Pixabay/ Abuyotam

Ilustrasi cengkih.

VIVA – Memiliki rasa dan aroma yang unik, cengkih kerap digunakan dalam banyak resep masakan Asia. Kebanyakan orang mengonsumsi cengkih untuk dijadikan bumbu masakan. Tapi, tak banyak yang menyadari kalau rempah-rempah yang satu ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Times of India, menurut USDA National Nutrient Database, cengkih kaya akan nutrisi, termasuk karbohidrat, protein dan serat. Bumbu dapur ini juga mengandung vitamin esensial, di antaranya vitamin E, C, folat, riboflavin, vitamin A, tiamin dan vitamin K.

Cengkih dapat merangsang metabolisme sehingga membantu menurunkan berat badan. Bumbu dapur ini juga memiliki sifat antikolesteremik dan anti lipid. Jika dikombinasikan dengan lada, kayu manis dan jintan, dapat meningkatkan laju metabolisme yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, cengkih juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif. Dengan berkurangnya stres oksidatif, dapat menurunkan risiko penyakit kronis. Tak hanya itu, cengkih juga dikenal dapat menjaga gula darah tetap terkendali.

Untuk menurunkan berat badan, Anda membutuhkan 50 gram cengkih, 50 gram kayu manis dan 50 gram jintan.

Cara membuat

Sangrai semua bahan dalam wajan sampai aromanya keluar. Kemudian, giling sampai halus dan simpan dalam toples kedap udara.

Cara mengonsumsi

Masukkan satu sendok makan campuran ini ke dalam segelas air panas kemudian diamkan sampai dingin. Setelah itu, masukkan satu sendok teh madu dan konsumsi saat perut kosong setiap pagi.

Jika Anda alergi rempah-rempah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Cengkih dapat menyebabkan alergi karena kandungan eugenol di dalamnya.

Penting untuk diketahui bahwa tidak ada bahan yang bisa menurunkan berat badan jika tidak dikombinasikan dengan konsumsi makanan sehat lain dan olahraga teratur. (tsy)

Saksikan Juga

Pro Kontra UU KPK, Massa yang Tolak dan Dukung Saling Demo

TVONE NEWS - 13 jam lalu
loading...
Muat Lainnya...