Dokter Beri Trik Tepat Memilih Daging Kambing Sehat

Daging merah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Daging kambing memiliki kandungan protein yang dibutuhkan dan baik untuk tubuh. Tetapi, kandungan protein tersebut hanya bisa didapatkan dari daging kambing yang masih segar dan layak dikonsumsi.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Tak dimungkiri, memilih daging kambing memerlukan ketelitian agar bisa mendapatkan manfaat baiknya. Cara pertama yaitu dengan memperhatikan permukaan dagingnya.

"Permukaan daging kambing harus licin dan kenyal. Selain itu, serat-serat di antara dagingnya harus terlihat jelas," ujar spesialis gizi klinis, dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa 13 Agustus 2019.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Dari segi warna, pemilihan warna daging yang merah cerah sangat disarankan. Sebab, semakin cerah warna daging kambing, maka semakin baik kesegarannya.

"Kalau merah, masih fresh. Jangan pilih kalau warnanya sudah ada seperti memar kebiruan, artinya sudah lama," kata dia.

Makan Daging Berlebih saat Idul Adha, Bahaya Diabetes Mengintai

Selain itu, warna daging yang cenderung pucat menandakan sudah diberi tambahan pengawet yang sebaiknya tidak dikonsumsi tubuh. Begitu pula dengan elastisitas daging kambing yang harus berfungsi dengan baik.

"Kalau ditekan, dia akan cepat kembali. Artinya elastisitas bagus. Kalau lebih kaku, itu sudah disuntik. Kalau dalam kemasan, bisa dilihat dengan banyaknya cairan merah yang berarti masih segar dan sehat," jelasnya. (nda)

Sate Kambing

Olahan Daging Kambing Ini Siap Lecut Gairah Pasangan Suami-Istri

Daging kambing disebut memiliki berbagai manfaat, salah satunya terkait meningkatkan gairah seksual.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2022