Heboh Akar Bajakah Bisa Obati Kanker, Ini Kata Pakar - VIVA
X
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 14 Agustus 2019 | 17:04 WIB

Heboh Akar Bajakah Bisa Obati Kanker, Ini Kata Pakar

Akar Bajakah belum melalui tahap uji klinis untuk obati kanker.
Ilustrasi Kanker Payudara
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi Kanker Payudara

VIVA – Kanker payudara saat ini masih menjadi penyebab kematian paling banyak pada kaum wanita. Belum adanya obat yang ampuh untuk menyembuhkan, bahkan menjadi pemicu angka kematian kanker payudara terus meningkat.

Dua siswi asal Palangkaraya mengklaim bahwa akar tanaman Bajakah Tunggal ampuh mengobati kanker payudara. Menurut Pakar Herbal, dr. Prapti Utami Msi., hal tersebut bisa menjadi harapan baru bagi para pengidap kanker.

"Kalau memang jenisnya sama secara empiris terbukti ya bisa menjadi harapan untuk obat kanker," ujarnya kepada VIVA, Rabu 14 Agustus 2019.

Salah satu zat yang bisa memberi khasiat yaitu flavonoid. Dokter Prapti berujar, peran anti inflamasi flavonoid bisa memicu perbaikan pada sel-sel yang rusak. Baca juga: Hai Manusia, Belajarlah dari Gajah dalam Melawan Kanker?.

"Flavonoid adalah zat yg berfungsi antiinflamasi kuat. Di setiap tanaman berkhasiat biasanya ada dan masing-masing punya kandungan yang berbeda beda jumlahnya," kata dia.

Meski begitu, Dokter Prapti menilai efek Bajakah Tunggal terhadap pengobatan kanker perlu didalami lebih lanjut. Sebab, banyak faktor yang bisa memengaruhi kesembuhan pada pengidap kanker.

"Kanker itu tidak tergantung dari herbal saja, pola makan, pola pikir dan aktivitas fisik. Jika akan diteliti lebih lanjut ini menjadi pengharapan, tapi tetap menjadi bagian dari banyak faktor yang berpengaruh," kata dia.

Namun sayangnya akar bajakah yang dinilai berkhasiat itu belum masuk tahap uji klinis, baru sebatas uji pada hewan tikus. Karenanya, penggunaannya sebagai obat kanker tanpa pengawasan dokter sangat berisiko. (nda)

loading...
Muat Lainnya...