4 Daftar Makanan dan Minuman yang Picu Milenial Sakit Jantung - VIVA
X
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 15 Agustus 2019 | 07:18 WIB

4 Daftar Makanan dan Minuman yang Picu Milenial Sakit Jantung

Sekarang sakit jantung gak cuma diderita orang lanjut usia.
Ilustrasi serangan jantung.
Photo :
  • Pexels

Ilustrasi serangan jantung.

VIVA – Sakit Jantung jadi salah satu penyakit tidak menular yang angka penderitanya cukup tinggi di Indonesia. Penyakit jantung dahulu dianggap hanya dialami oleh orang lanjut usia saja. Padahal, kini tak sedikit anak muda yang kena serangan jantung.

Tak hanya disebabkan oleh faktor genetik, ternyata sakit jantung juga banyak dipicu oleh  buruknya gaya hidup dan pola makan. Yup betul, gaya hidup sedentari yang malas olahraga dan bergerak, digadang-gadang jadi pemicu milenial sekarang kena serangan jantung lho. Apalagi ditambah asupan makanan yang tak sehat untuk jantung.

Lalu apa saja sih makanan yang berpotensi memicu sakit jantung? Dilansir Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne Kamis 15 Agustus 2019, inilah 4 makanan berbahaya yang memicu sakit jantung.

1. Olahan daging merah 

Olahan daging merah memang enak banget dan gampang ditemui di mana saja salah satunya restoran fast food. Menurut jurnal BMC Medicine. Konsumsi berlebihan daging merah olahan bisa meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Zat aktif L Karnitin diduga sebagai pemicu menempelnya plak para pembuluh darah, sehingga menyulitkan kerja jantung. Baca juga: Ciri-ciri Serangan Jantung yang Wajib Diketahui.

2. Minuman soda

Ini nih, milenial muda pasti lagi senang-senangnya minum soda. Selain menyegarkan, sensasi soda juga melegakan tenggorokan. Namun sayangnya Heart Asosiation menulis kalau minum soda jangka panjang bisa memicu serangan jantung. Apalagi soda dapat menurunkan kadar potasium dalam tubuh yang dapat membuat jantung sulit bekerja. Di sisi lain, minuman soda juga tinggi kadar gula. Spesialis Gizi Klinis Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) dalam tayangan AHS mengatakan bahwa gula bisa merusak pembuluh darah.

"Gula di darah tinggi akan merusak pembuluh darah, bisa membuat pembuluh darah cidera atau menimbulkan luka kecil. Ada kolesterol, LDL tinggi akan melekat dan masuk dan menumpuk, maka terjadilah sumbatan yang berbahaya bagi jantung," ujarnya.

3. Makanan olahan tinggi karbo

Nasi putih salah satunya. Meski nasi adalah makanan pokok orang Indonesia, namun  ternyata konsumsi dengan takaran berlebih bisa memicu penyakit jantung dan diabetes.
Nasi memiliki kadar glukosa tinggi yang berdampak pada kesehatan jantung. Bukan berarti konsumsi nasi berbahaya, namun kamu hanya perlu mengatur asupannya saja.

4. Makanan yang digoreng

Gorengan siapa sih yang gak suka? Yup betul, makanan yang digoreng hampir kita temui setiap hari. Sebut saja bala-bala, ayam goreng tepung, jajanan pinggir jalan seperti cimol, empek-empek, hampir semuanya digoreng.

Sayangnya makanan ini berdampak buruk untuk jantung. Penyebabnya adalah lemak jenuh di dalamnya yang picu kolesterol. Apabila lemak ini menyumbat pembuluh darah, maka akan menyebabkan sakit jantung hingga serangan jantung. (zho)

loading...
Muat Lainnya...