Pelatih Juventus Maurizio Sarri Kena Pneumonia, Penyakit Apa sih Itu?

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri
Sumber :
  • Metro.co.uk

VIVA – Pelatih Juventus, Maurizio Sarri dikabarkan akan absen dari pertandingan pembuka Serie A Juventus. Belakangan ia dikabarkan didiagnosis menderita pneumonia.

Tingkat Kematian Kanker Paru Tinggi, Dokter Ungkap Penyebab yang Sering Tak Disadari

Mantan bos Chelsea itu menderita flu pekan lalu tetapi tes lebih lanjut mengungkapkan bahwa kondisinya lebih serius. Sarri menerima perawatan pada beberapa kesempatan - termasuk sesaat sebelum pertandingan persahabatan tradisional Villar Perosa melawan tim yunior.

Kondisinya memburuk dan dia tidak menghadiri kemenangan persahabatan 1-0 atas Triestina pada akhir pekan. Tapi, apa sebenarnya penyakit pneumonia yang membuat kondisi Sarri memburuk?

Pneumonia is Leading Cause of Death in Children, Toddlers

Seperti dilansir dari Mayo Clinic, pneumonia merupakan infeksi yang terjadi  pada kantung udara di satu atau kedua paru-paru. Kantung udara tersebut dapat terisi dengan cairan atau nanah, menyebabkan batuk berdahak atau nanah, demam, kedinginan, dan sulit bernapas. 

Banyak kuman dapat menyebabkan pneumonia. Yang paling umum adalah bakteri dan virus di udara yang kita hirup. Tubuh kamu biasanya mencegah agar kuman-kuman ini tidak menginfeksi paru-paru. Tetapi terkadang kuman ini dapat mengalahkan sistem kekebalan tubuh, bahkan jika kesehatan kamu secara umum dalam keadaan baik.

Penyakit Pneumonia Jadi Penyebab Kematian Terbesar Pada Anak dan Balita

Pneumonia dapat menyerang siapa saja. Tetapi dua kelompok umur dengan risiko tertinggi adalah anak-anak yang berusia 2 tahun atau lebih muda, dan orang yang berusia 65 atau lebih. Meskupun tengah dalam pengobatan, beberapa orang dengan pneumonia, terutama mereka yang berada dalam kelompok berisiko tinggi, dapat mengalami komplikasi bakteri yang memasuki aliran darah dari paru-paru  dapat menyebarkan infeksi ke organ lain, berpotensi menyebabkan kegagalan organ.

Jika pneumonia kamu semakin parah atau kamu memiliki penyakit paru-paru kronis yang mendasari, kamu mungkin mengalami kesulitan bernapas dalam oksigen yang cukup. Kamu mungkin perlu dirawat di rumah sakit dan menggunakan mesin pernapasan (ventilator) saat paru-paru sembuh.

Pneumonia juga dapat menyebabkan cairan menumpuk di ruang tipis antara lapisan jaringan yang melapisi paru-paru dan rongga dada (pleura). Jika cairan terinfeksi, kamu mungkin perlu mengeringkannya melalui tabung dada atau diangkat dengan operasi. (nda)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya