Ketan Hitam Bisa Atasi Anemia Cuma Mitos, Ini Manfaat Sebenarnya

Bubur Ketan Hitam
Sumber :
  • http://tantioesmanadi.files.wordpress.com/2012/03/p1010478.jpg

VIVA – Ketan hitam bisa disajikan ke dalam beragam jenis makanan. Salah satu yang paling populer adalah bubur. Sajian ini umumnya disantap saat sarapan atau makanan selingan.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Selain rasanya yang enak, ketan hitam juga memiliki manfaat kesehatan, lho. Menurut ahli gizi dr Ida Gunawan, MS,SpGK(K), ketan hitam memiliki kandungan antioksidan yang baik. Bahkan lebih baik dari ketan putih.

Warna ungu kehitaman alami pada ketan hitam inilah yang membuatnya kaya akan antioksidan. Sayangnya, banyak yang salah mengira jika ketan hitam bisa mengatasi anemia karena warnanya yang kemerahan itu.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Padahal, kata Ida, ketan hitam tidak ada kaitannya dengan anemia atau kurang darah. Anemia biasanya terkait dengan zat besi. Sedangkan pada ketan hitam, kandungan zat besinya sangat kecil sekali.

"Banyaknya adalah kandungan fosfor, mangan, selenium, yang banyak berperan untuk kekuatan tulang," jelas Ida dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis, 22 Agustus 2019.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Meski demikian, yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi ketan hitam adalah jumlahnya. Seringkali, ketan hitam dijadikan sebagai snack dibandingkan sebagai makanan utama. Padahal, ketan hitam merupakan karbohidrat sama seperti nasi.

Hanya saja, kandungan serat yang lebih tinggi pada ketan hitam bisa membuat kenyang lebih lama. Ketan hitam memiliki amilosa, yakni jenis karbohidrat dengan banyak cabang sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dipotong menjadi bagian yang lebih kecil. Inilah yang membuat kita akan merasa kenyang lebih lama.

Tapi, perlu diingat untuk penderita maag agar tidak banyak-banyak mengonsumsi ketan hitam. Karena proses cernanya yang lama, terkadang ini akan menyebabkan ketidaknyamanan di perut penderita maag seperti terasa kembung. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya