Enggak Cuma Susu, 5 Makanan Ini juga Bisa Sehatkan Tulang

Ilustrasi makan sayuran.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tulang membutuhkan banyak vitamin dan mineral supaya kuat. Vitamin D adalah satu yang paling banyak dibutuhkan tulang. Meski begitu, ada pula mineral lainnya seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan mangan yang harus digabungkan untuk memaksimalkan kesehatan tulang.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Selama ini, sumber kalsium yang paling banyak dikenal adalah susu. Tapi, selain susu ada juga makanan lain yang bisa memperkuat tulang. Berikut ini lima makanan yang bisa menjadi sumber kalsium selain susu seperti dijelaskan oleh ahli gizi dr Ida Gunawan, MS,SpGK(K) dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis, 22 Agustus 2019.

Keju

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Keju berasal dari susu dan menjadi salah satu sumber kalsium yang bagus. Kalsium dari keju juga bisa langsung diserap tubuh.

Susu kedelai

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Kedelai juga kaya akan kalsium, meski penyerapan kalsium nabati tidak sebaik kalsium dari susu hewani.

Sarden

Sarden sangat baik bagi tulang. Apalagi sarden yang sudah diolah dalam kemasan, tulangnya sudah lunak sehingga kamu bisa mendapat manfaat dobel, dari daging dan tulangnya.

Ikan teri

Ikan teri memiliki tulang halus yang bisa dimakan. Selain itu, ikan teri juga lebih murah dan mudah didapat. Buat bayi yang baru memasuki usia MPASI, teri bisa ditambahkan ke dalam bubur untuk memperkaya kalsium dan proteinnya.

Sayuran hijau

Sumber kalsium bukan hanya produk hewani. Produk nabati seperti kacang atau sayuran hijau juga mengandung kalsium. Semakin hijau sayuran, semakin kaya akan kalsium. Hanya saja, perlu diingat bahwa kalsium dari produk nabati penyerapannya masih kalah dibanding hewani. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya