Cilok Memang Lezat, Tapi Amankah Dikonsumsi?

Presiden Joko Widodo membeli jajanan Cilok saat meninjau Program Mekaar binaan PNM di Cijantung, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Aci dicolok atau cilok adalah kudapan khas masyarakat Sunda, Jawa Barat, yang kini sudah sangat dikenal luas. Semuanya berkat rasanya yang lezat dan harganya yang relatif murah. Bahan dasar pembuatan cilok sendiri adalah tepung kanji atau tepung tapioka.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Untuk memperkaya rasanya, tak jarang bahan lain seperti daging ayam, sapi, hingga ikan juga ikut dicampurkan. Alhasil cilok menjadi kudapan yang memiliki beragam rasa dan semakin populer.

Tapi di balik kepopuleran cilok, banyak orang masih ragu untuk mengonsumsi camilan murah meriah tersebut. Karena banyak orang yang meragukan kebersihan proses pembuatan panganan tradisional yang satu ini.

6 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Lantas, apakah cilok aman untuk konsumsi? Adakah manfaatnya? Atau jangan-jangan mengonsumsi cilok justru bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan para penggemarnya?

Spesialis gizi klinis, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS,  SpGK (K), akan mengupas tuntas pada tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Rabu, 28 Agustus 2019.

Kasus Caleg Bagi-bagi Uang Untuk Beli Cilok di Depok Dihentikan, Apa Sebabnya?

Selain itu, akan dibahas pula mengenai makanan pemicu asam urat. Sendi kaki atau tangan terasa seperti ditusuk-tusuk adalah gejala khas dari penyakit asam urat. Celakanya, berdasarkan survei yang dilakukan oleh WHO, 35 persen penderita asam urat di Indonesia adalah mereka yang tergolong dalam usia produktif, yaitu pria dengan usia 34 tahun ke bawah.

Riset tersebut menunjukkan kalau penyakit asam urat tidak bisa dianggap sepele. Penyakit yang disebabkan oleh berlebihnya kadar zat purin dalam darah ini memang utamanya dipicu oleh pola makan yang salah. Makanan menjadi faktor pemicu utama penyakit asam urat.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita memahami jenis-jenis makanan yang memiliki kandungan purin tinggi, agar kita bisa terbebas dari risiko penyakit asama urat. Apa sajakah makanannya?

Spesialis gizi klinis, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS,  SpGK (K), akan kembali memberikan pembahasan lengkapnya untuk Kamu di tayangan yang sama. Ayo Hidup Sehat bisa Anda saksikan pada pukul 13.00-14.00 WIB di tvOne. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya