Makan Pizza dan Cokelat Gak Selalu Bikin Gemuk Lho

Pizza.
Sumber :
  • Pixabay/Daria_Yakovleva

VIVA – Siapa sih yang enggak suka pizza, sajian khas Italia ini selalu menggugah selera. Ada juga camilan cokelat yang jadi makanan favorit banyak orang. Tapi, dua makanan ini sebenarnya sehat enggak sih?

Gak Perlu ke Luar Negeri, Nongkrong ala Restoran Mewah New York Ada di Jakarta

Pizza pertama kali dikenal oleh masyarakat Italia pada bulan Juni tahun 1889, untuk menghormati Ratu Italia, Margherita dari Savoy. Seorang koki kenamaan dari Napoli, Raffaele Esposito menciptakan "Pizza Margherita", sebuah hidangan berbentuk bulat yang dipenuhi tomat, keju mozzarella dan basil, untuk menggambarkan warna bendera Italia. Dialah yang juga pertama kali menambahkan keju dalam pizza.

Kini, 130 tahun kemudian, pizza telah berubah dari makanan mewah bagi para aristokrat menjadi makanan yang bisa dinikmati oleh semua orang. Bahan taburan pizza juga semakin beragam, mulai dari daging ayam, sapi hingga ikan.

Serba-serbi Perayaan Valentine 14 Februari

Nah, seiring dengan evolusi yang dialami pizza, kandungan nutrisinya pun ikut berubah. Bahkan zaman sekarang, pizza bisa dibilang setara dengan makanan junk food lain. Label tidak sehat kini menjadi semakin identik dengan pizza, tapi benarkah demikian? Apakah pizza tidak memiliki manfaat sama sekali bagi tubuh kita?

Begitu pula dengan cokelat, selama ini rasa manis cokelat yang khas dianggap hanya mampu memperbaiki suasana hati penikmatnya. Padahal, kandungan antioksidan cokelat sebenarnya juga bermanfaat, terutama untuk menekan risiko penyakit kanker. Pertanyaannya sekarang, cokelat jenis apa yang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita?

Deretan Tradisi Aneh Valentine di Seluruh Dunia, Ada yang Bikin Melongo!

Karena ada aneka jenis cokelat yang saat ini dijual di pasaran. Ada cokelat hitam atau dark chocolate yang biasanya tidak diolah terlalu manis. Cokelat susu atau milk chocolate yang terkenal manis dan paling digemari orang. Lalu, ada juga cokelat putih yang kini juga mulai banyak disukai. Lantas, diantara ketiga jenis cokelat tersebut manakah yang paling bergizi? Penasaran?

Simak jawabannya dari spesialis gizi klinis, dr. Ida Gunawan, Sp.GK dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin 2 September 2019. Jika tak sempat menyaksikannya di layar kaca, saksikan live streaming-nya melalui laman ini.

Pizza Carnivora di Massilia Cucina Italiana

Restoran Pizza Autentik Italia Peraih 'Top 50 Pizza' Kini Hadir di Jakarta

Kini restoran pizza yang menawarkan cita rasa autentik Italia telah hadir di Jakarta, yakni Massilia Cucina Italiana asal Bangkok, yang meraih penghargaan Top 50 Pizza.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2024