Ada Tumor Dalam Kepala Ria Irawan yang Bikin Sulit Bicara

Ria Irawan.
Sumber :
  • Instagram Ria Irawan

VIVA – Sejak dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), kondisi aktris senior Ria Irawan masih belum menunjukkan tanda membaik. Belakangan kanker kelenjar getah being yang dideritanya juga turut membuatnya kesulitan untuk berbicara.

Aldi Taher Merasa Lebih Dekat dengan Tuhan Setelah Divonis Kanker

"Karena ada tumor di dalam kepala, yg mengakibatkan saraf bicara saya tertekan,akhirnya saya harus belajar pelan-pelan belajar berbicara dengan baik, tapi setiap saya mau belajar, pasien di sebelah saya juga belajar,belajar menahan sakit," ungkap Ria di dalam akun Instagramnya.

Tapi apa sebenarnya yang menyebabkan Ria sendiri kesulitan untuk berbicara?

Ramadhan di Kampung Santri sampai Menu Terbaik Ramadhan dari Zaidul Akbar

Seperti dilansir dari Brain Tumor Charity, bagaimana tumor di kepala mempengaruhi seseorang akan tergantung pada di mana tumor itu berada. Setiap bagian atau lobus otak bertanggung jawab atas fungsi yang berbeda, beberapa di antaranya terlibat dalam komunikasi.

Baca Juga: Kepanikan Kru Saat Aksi Demian Aditya Gagal di Acara Live

Gemar Makan Ikan Asin Bisa Kena Kanker Getah Bening? Ini Kata Pakar

Sebagai contoh, lobus frontal terlibat dalam produksi bahasa (bagaimana seorang mengekspresikan diri) dan lobus temporal dalam memahami apa yang orang lain katakan dan bagaimana proses berpikir bekerja. Akibatnya, tekanan dari tumor di salah satu area otak ini dapat memengaruhi kemampuan kamu untuk berbicara dan memahami apa yang dikatakan orang lain.

Area bahasa pengontrol otak umumnya ditemukan di belahan bumi kiri. Sehingga jika tumor tumbuh di tempat ini kamu lebih mungkin mengalami kesulitan bahasa dan bicara. Namun, dalam beberapa kasus mereka ditemukan di sebelah kanan, misalnya, dengan orang-orang kidal.

Karena otak kita bertanggung jawab untuk mengendalikan otot yang diperlukan untuk menghasilkan bicara, tumor otak juga dapat menyebabkan kesulitan berbicara dengan mengganggu beberapa sinyal yang dikirim ke mulut.

Bedah saraf juga dapat memengaruhi bicara dan bahasa jika area yang dioperasi terlibat dalam komunikasi. Perubahan ini mungkin bersifat sementara dan berkurang saat pulih, atau bisa permanen.

Meski dikatakan terdapat tumor di kepala, keceriaan masih tetap tampak dari raut wajah Ria Irawan. Bahkan dalam unggahannya ia juga mengaku mensyukuri apa yang telah dijalaninya saat ini.

"Ya begini lah Keseruan dirawat inap kelas 3 BPJS ,semoga bisa merefleksikan diri saya untuk menjadi yg lebih baik lagi,. Sakit sudah bisa,menjadi lebih baik itu luar biasa.,trimakasi buat semua doa nya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya