Jangan Langsung Tidur, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan Usai Bercinta

Ilustrasi bercinta.
Sumber :
  • Pexels/Burst

VIVA – Banyak orang pasti setuju berhubungan seks membawa kenikmatan tersendiri. Tapi berhubungan seks terlalu sering juga kurang baik, terutama untuk organ intim. Pasalnya, hal itu membuat organ intim iritasi dan menyebabkan gangguan lainnya.

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Oleh karenanya, penting untuk tetap merawat organ intim, terutama vagina setelah berhubungan seks. Bagi Kamu yang tidak tahu caranya, ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan setelah berhubungan seks untuk menjaga agar vagina dan libido sama-sama bahagia.

Berikut ini di antaranya, dilansir dari Health24, Senin, 9 September 2019.

4 Tips Membuat Wanita Puas di Ranjang Saat Hubungan Seksual

Buang air kecil

Meski mungkin Kamu tidak terlalu ingin buang air kecil, para ahli tetap menyarankan untuk buang air kecil setelah berhubungan intim. Dr Alyssa Dweck, seorang ahli kesehatan seksual dari Westchester, mengatakan ketika melakukan hubungan intim, bakteri dari rektum, yang berada sangat dekat dengan uretra dan vagina, dapat mendekati uretra.

Awas! Meski Nikmat, Posisi Seks Ini Berbahaya dan Berisiko Bikin Penis Patah

Hal itu dapat menyebabkan infeksi, terutama pada wanita yang rentan terhadap infeksi seksual. Buang air kecil bisa ‘mencuci’ bakteri yang ada di ujung uretra.

Bersihkan vagina

Jika pelumas, air liur dan lainnya membuat vagina terasa kurang nyaman sehabis berhubungan seks, cepatlah ke kamar mandi dan bersihkan. Dr Sherry Ross, pakar kesehatan wanita di Santa Monica, California, mengatakan, pelumas dan bakteri dari jari, mulut dan dubur dapat meningkatkan peluang terkena infeksi jamur atau bakteri.

Dia merekomendasikan penggunaan sabun yang tidak mengandung pewangi di sekitar organ intim setelah berhubungan seks. Cukup ambil handuk hangat dan usap lembut vagina dengan sabun dan air atau hanya air hangat, dari depan ke belakang.

Berendam di bak mandi

Usai lelah berhubungan intim, cobalah berendam di bak mandi. Pertimbangkan untuk menambahkan minyak kelapa extra virgin ke dalam air hangat untuk membantu melembapkan kulit vagina bagian luar dan meredakan pembengkakan atau iritasi pada vagina, yang terjadi setelah bercinta.

Meskipun ini bukan untuk kebersihan, ritual yang menyenangkan ini dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Tetapi jangan berlebihan memakai minyak mandi karena dapat menyebabkan iritasi pada vagina.

Minum air putih

Jika Kamu mengeluarkan keringat saat bercinta, setelahnya harus minum sedikit air. Menurut Dr Nicole Scott, ahli kesehatan seksual di Indiana University Health, dehidrasi akan memengaruhi seluruh tubuh, termasuk vagina.

Makan makanan yang kaya probiotik

Camilan pasca bercinta adalah yang terbaik. Jadi pilihlah makanan yang menyehatkan. Yoghurt, kimchi, kombucha dan makanan fermentasi lainnya mengandung bakteri baik yang sama yang ditemukan di vagina, menurut Dr Kelly Kasper, ahli kesehatan seksual di Indiana University Health.

Membiasakan mengonsumsi makanan ini setelah berhubungan seks dapat membantu ‘mengisi’ kembali bakteri baik dalam tubuh dan mengurangi risiko infeksi jamur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya