5 Manfaat Susu Sapi Organik, Tingkatkan Imun Hingga Sehatkan Jantung

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay/manolofranco

VIVA – Seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi, kesadaran masyarakat untuk hidup sehat pun semakin bertumbuh besar. Makanan dan minuman serba organik pun menjadi salah satu pilihan asupan menyehatkan yang kini banyak tersedia di berbagai tempat. Selain sayuran dan buah-buahan, salah satu yang banyak digandrungi masyarakat adalah susu sapi organik.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Lantas, apa sih bedanya susu sapi organik dengan susu sapi biasa?

Menurut Prof Ir Ali Khomsan, MS., Guru Besar Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Institut Pertanian Bogor (IPB), aspek terpenting dari susu sapi organik adalah keamanan, di mana sapi penghasil susu organik dirawat di peternakan yang terjaga kualitas lingkungannya, pupuk tumbuhan untuk makanannya alami serta tidak mengandung pestisida kimiawi.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Sapi penghasil susu organik juga dibebasliarkan di padang rumput selama 30 persen dari waktu makan. "Sapi organik diberi makan rumput dan biji-bijian organik yang bebas dari pestisida, tidak diberikan hormon sintetis untuk mempercepat pertambahan berat badan sapi dan meningkatkan produksi susu, dan terbebas dari antibiotik," ucap Ali.

Ia juga mengatakan bahwa susu sapi organik punya beberapa kelebihan dibandingkan susu sapi biasa. Berikut ini di antaranya, menurut rilis yang diterima VIVA dari Puregrow Organic, Sabtu, 28 September 2019.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan omega-3 pada susu organik lebih tinggi dibandingkan susu biasa. Nutrisi ini baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mendukung perkembangan otak dan kemampuan belajar.

Tingkatkan imunitas

Susu organik juga mengandung Conjugated Linoleic Acid (CLA) yang lebih tinggi dibandingkan susu biasa dan dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, imunitas terhadap penyakit dan perkembangan otot.

Baik untuk pertumbuhan anak

Kandungan zat besi yang tinggi dalam susu organik juga sangat baik untuk pembentukan hemoglobin dan sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menghambat pertumbuhan anak dan membuat si kecil mengalami kesulitan belajar.

Menangkal radikal bebas

Susu organik mengandung lebih banyak vitamin E. Nutrisi ini berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang dapat menimbulkan peradangan dan kerusakan sel-sel.

Perkuat tulang, gigi dan otot

Kandungan kalsium pada susu sapi organik yang lebih tinggi dibandingkan susu biasa sangat baik untuk mendukung pertumbuhan anak, memperkuat tulang, gigi dan ototnya, serta memberinya energi. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya