Dokter Ungkap Penyebab Bayi Kembar Irish Bella Meninggal

foto Ammar Zoni dan Irish Bella
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pihak Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat menggelar jumpa pers hari Senin, 7 Oktober 2019 terkait meninggalnya bayi kembar pasangan selebriti Ammar Zoni dan Irish Bella.

Irish Bella Ajak Wanita Indonesia Wujudkan Hidup Lebih Baik

Spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Fetomaternal dr. Gatot Abdurrazak, Sp.OG selaku Dokter Penanggung Jawab (DPJP) menjelaskan kronologi kesehatan Irish Bella.

"Jadi Irish datang hari Jumat pagi udah stage 4 (kondisi bahaya). Janin yang resipien (penerima darah) udah bengkak jantungnya. Seluruh tubuh bengkak dan pertumbuhannya kecil. Bayi meninggal di dalam, itu akibat dari sebagian plasenta yang lepas, solusio plasenta," ungkap dr. Gatot.

Baru 10 Bulan, Irish Bella Sering Bacakan Buku untuk Anaknya

Berdasarkan penjelasan dr. Gato, solusio plasenta disebabkan karena preeklamsia yang disebabkan mirror syndrom. Di mana tekanan darah naik dan membuat plasenta lepas hingga aliran darah tidak lancar ke bayi.

"Plasenta lepas dengan cepat. Untuk kehamilan kembar, plasenta satu tali pusat dua. Bayi kembar donor resipien ini namanya TTTS," lanjut dr. Gatot.

Pamer Pose dengan Buah Hati, Irish Bella Dikira Lepas Hijab

Saat hari Minggu, 6 Oktober 2019, detak jantung masih ada namun tekanan darah Irish Bella masih tinggi, mirror syndrom pun naik. 

"Pasien jam 9 dipindah ke HDU, dan ternyata sudah tidak ada detak jantung. Meninggal diperkirakan jam 8. Sekarang kondisi ibu bagus, tekanan darah bagus. Pas operasi (caesar)  tekanan darah sampai 180/90," tutur dr. Gatot yang mengatakan bahwa mirror syndrom saat hamil kembar sangat jarang.

Sebelumnya Irish Bella diduga kelelahan karena sibuk bekerja saat hamil. Namun kelelahan ternyata sama sekali tidak berpengaruh.

"Enggak ada hubungannya dengan capek. Pasangan ini luar biasa. Setelah saya jelaskan perjalanan penyakitnya, Alhamdulillah mereka memahami, mereka tidak down," jelas dr. Gatot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya