Hari Pangan Sedunia, Yuk Konsumsi Makanan Bergizi untuk Jaga Kesehatan - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 17 Oktober 2019 | 08:56 WIB

Hari Pangan Sedunia, Yuk Konsumsi Makanan Bergizi untuk Jaga Kesehatan

Hari Pangan Sedunia 2019, diet sehat untuk dunia
Menu sarapan sehat
Photo :
  • Pixabay/ Paul_DAPARocks

Menu sarapan sehat

VIVA – Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tahun pada 16 Oktober. Diselenggarakannya Hari Pangan Sedunia, bertujuan untuk mengatasi kelaparan global dan kemiskinan. Orang-orang dari seluruh dunia berkumpul untuk menyatakan komitmen mereka untuk memberantas kelaparan secara global.

Menurut Boldsky, tema untuk Hari Pangan Sedunia 2019, yaitu "Tindakan Kita adalah Masa Depan Kita. Diet sehat untuk Dunia, #ZeroHunger."

Baca Juga: Potret Bella Hadid Wanita Tercantik di Dunia Ketika Tanpa Make-Up

Untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Pola makan kita memainkan peran utama dalam memengaruhi ekosistem tubuh kita. Mengonsumsi makanan yang tepat, memiliki sejumlah efek positif pada tubuh manusia, baik secara fisik atau mental.

Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tepat, dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang dapat memengaruhi otak. Dilansir dari Times of India, 17 Oktober 2019, berikut sederet makanan bergizi yang harus kamu masukkan ke dalam menu sehari-hari.

Lemak Omega 3
Omega 3 membantu tubuh memperkuat koneksi saraf otak dan memberi manfaat bagi kesehatan jantung. Makanan yang kaya lemak omega 3, antara lain biji rami, salmon, biji chia, ikan mackerel, tiram, kedelai dan bayam.

Vitamin B
Vitamin B sangat penting karena memproduksi serotonin, yaitu bahan kimia 'rasa enak' yang membantu memerangi kecemasan dan depresi. Mereka juga membantu tubuh dengan menenangkan saraf. Beberapa sumber alami terbaik dari vitamin B, di antaranya ikan, ayam, kacang tanah, hati, biji bunga matahari, kacang-kacangan dan lentil.

Triptofan
Triptofan membantu tubuh dalam memproduksi serotonin dan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun. Sejumlah penelitian klinis menunjukkan bahwa penurunan kadar triptofan tubuh menyebabkan penurunan kadar serotonin otak berikutnya, yang memengaruhi suasana hati, memori dan tingkat agresi. Beberapa makanan kaya triptofan antara lain, keju parmesan, biji labu, tuna, kepiting, telur, kacang-kacangan dan lentil.

Magnesium
Magnesium memainkan peran penting dalam tubuh, karena mengatur neurotransmiter otak dan meningkatkan fungsi otak. Hasil penelitian juga menemukan, magnesium dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, menjadikannya lebih baik untuk kesehatan mental. Beberapa makanan kaya magnesium, di antaranya susu, sayuran berdaun hijau, alpukat, cokelat hitam, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Antioksidan
Radikal bebas dapat merusak molekul yang diproduksi dalam tubuh yang berkontribusi terhadap penuaan sel, kerusakan dan disfungsi ereksi. Antioksidan dibutuhkan untuk mengurangi risiko otak mengalami kerusakan. Aprikot, blueberry, ubi jalar, capsicum, tomat, dan minyak nabati adalah sumber antioksidan yang sangat baik yang harus dimasukkan ke dalam makanan harianmu.

loading...
Muat Lainnya...